Ingin Mengatasi Sembelit dengan Obat Alami? Buah Satu Ini Jadi Solusinya

Faktanya, sembelit kronis atau buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu, tidak hanya dapat memengaruhi rutinitas harian, tetapi juga dapat menghambat suasana hati Anda.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 16 Okt 2022, 08:21 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2022, 08:21 WIB
ilustrasi makanan berserat atasi sembelit/pexels
ilustrasi makanan berserat atasi sembelit/pexels

Liputan6.com, Jakarta Sembelit, yang terjadi ketika kotoran bergerak perlahan melalui sistem pencernaan, membuat sulit buang air besar sehingga bisa menyebabkan nyeri saat buang air besar. Karena itu, jika dialami setiap hari, hal itu dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan kegelisahan dan perlu diatasi.

Faktanya, sembelit kronis atau buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu, tidak hanya dapat memengaruhi rutinitas harian, tetapi juga dapat menghambat suasana hati Anda. Namun, menurut para ahli, Anda tidak perlu bergantung pada obat pencahar untuk meredakannya. Sebab, ada solusi untuk mengatasi sembelit kronis yaitu dengan buah tropis yang berair.

"Penyebab paling umum dari sembelit termasuk diet yang rendah serat, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, dehidrasi , mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar mandi, dan obat-obatan tertentu," kata salah satu ahli diet Shikha Kumari seperti dilansir dari The Indian Express, Jumat (14/10/2022).

Dia menambahkan, "Jika Anda tidak menggunakan obat pencahar dan mencari obat alami, cobalah makan nanas untuk sembelit Anda.”

Kumari menyarankan untuk makan nanas atau minum jus nanas segar, itu cara terbaik untuk mengobati sembelit secara alami.

“Ini adalah cara yang lezat untuk mendapatkan banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk membuat buang air besar Anda teratur dan lancar. Tidak ada yang lebih baik daripada semangkuk nanas segar atau jus nanas di pagi hari untuk membantu meringankan sembelit,” ujarnya.

 


Kaya Serat

Mengonsumsi Buah Nanas
Ilustrasi Buah Nanas Credit: pexels.com/Milano

Nanas kaya akan serat, menjadikannya obat alami yang efektif untuk sembelit. Namun, dia menambahkan bahwa buah juga dapat menyebabkan dehidrasi dan dianjurkan untuk banyak minum air setelah makan buah ini atau minum jusnya.

“Air juga penting ketika Anda ingin terbebas dari sembelit, dan karenanya, kombinasi buah dan air sangat bermanfaat bagi Anda,” kata Kumari.

Ahli diet Deepti Khatuja pun setuju dan mengatakan bahwa nanas mengandung 81,2 hingga 86,2 persen kelembaban, yang membantu dalam mencegah kondisi seperti sembelit dan dehidrasi dari 13-19 persen total padatan, sukrosa, glukosa dan fruktosa adalah komponen utama.

“Nanas memiliki kandungan serat hingga 2-3 persen, di mana serat kasar – yang menambahkan sebagian besar ke makanan dan karenanya membantu dalam menghilangkan sembelit – lebih banyak. Dari asam organik , asam sitrat adalah yang paling melimpah di dalamnya. Pulp memiliki kandungan abu yang sangat rendah, senyawa nitrogen dan lipid (0,1 persen). Selanjutnya, 25-30 persen senyawa nitrogen adalah protein sejati. Dari proporsi ini, 80 persen memiliki aktivitas proteolitik karena protease yang dikenal sebagai 'Bromelain' yang membantu pencernaan komponen protein,” jelas Khatuja.

Menurut Khatuja, bila sudah dalam jumlah yang dibutuhkan, nanas juga dapat membantu membangun kekebalan tubuh karena merupakan sumber vitamin C yang baik.

“Diet seimbang yang sehat dengan hidrasi yang tepat bersama dengan serat yang cukup (25-30 gram serat total) dalam sehari ditambah dengan aktivitas fisik secara teratur juga dapat membantu mencegah sembelit,” kata Khatuja.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya