Ketahui Manfaat Gliserin Bahan Perawatan Kulit Buat Melembapkan

Jadi, gliserin ini adalah humektan, yang artinya membantu menjaga kelembapan di kulit dan menarik air dari lapisan yang lebih dalam ke permukaan.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 28 Mar 2023, 08:02 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2023, 08:02 WIB
Ternyata, minyak biji semangka baik untuk atasi jerawat
Kulit. (Photo by Joe Robles on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Dalam produk perawatan kulit, bahan gliserin mungkin sering ditemukan. Lantas, apakah manfaat glisering untuk wajah?

Melansir lifestyleasia.com, Senin (27/3/2023), gliserin adalah cairan tidak berwarna dan kental yang ditemukan pada tumbuhan dan hewan. Itu berasal dari tumbuhan atau bahan sintetis dalam perawatan kulit topikal.

Jadi, gliserin ini adalah humektan, yang artinya membantu menjaga kelembapan di kulit dan menarik air dari lapisan yang lebih dalam ke permukaan. Selain itu, juga menyerap kelembaban dari udara untuk memberikan hidrasi ekstra.

Manfaat Gliserin Untuk Kulit

Dalam dunia kecantikan, berikut ini beberapa manfaat gliserin buat merawat kulit.

1. Bertindak sebagai magnet kelembaban

Sebagai humektan alami, ia menarik air dari atmosfer dan menguncinya ke dalam kulit Anda, mencegahnya menguap. Menurut penelitian, mengoleskan gliserin secara teratur secara signifikan mampu meningkatkan dan mengembalikan tingkat kelembapan kulit keseluruhan. Selain itu, juga menghasilkan kulit yang tampak montok dan berembun.

2. Mengembalikan warna kulit

Paparan polusi dan debu yang terlalu lama dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Dengan meratakan warna kulit, gliserin untuk wajah dapat mengatasi masalah ini secara efektif. Kulit yang terhidrasi dengan baik tampak lebih cerah. Gliserin memberi kulit kilau bercahaya sekaligus membuatnya lebih kencang dan halus.

3. Eksfoliasi

Gliserin menjadi eksfoliator yang sangat baik selain sifat pelembabnya. Bahkan bahan satu ini pun memberikan nutrisi pada kulit sehingga membuatnya terlihat sehat dan bercahaya.

 


Manfaat Gliserin

Rawat Kulit Wajah dan Rambut dengan Saffron, Rempah-rempah Termahal di Dunia
Ilustrasi wajah (unsplash.com/x ))

4. Mengencangkan

Menjadi humektan, kelembapan yang ditariknya ke kulit Anda akan membuatnya lebih montok dan kencang dalam hitungan minggu atau bahkan hari.

5. Menenangkan kulit

Gliserin bekerja sangat baik pada kulit yang teriritasi. Di samping itu, juga memiliki efek menenangkan pada kulit dan dapat membantu meredakan ketidaknyamanan kulit.

6. Membuat lapisan pelindung

Gliserin membentuk lapisan pelindung pada kulit khususnya dari sinar UV, debu, dan kotoran. Tidak hanya itu, gliserin juga mempertahankan kelembapan di kulit, membuatnya tetap kenyal dan bercahaya.

7. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Gliserin membantu melembabkan kulit, yang membantu menghaluskan tampilan garis-garis halus dan kerutan. Menurut penelitian, penggunaan jangka panjang dapat memperlambat dan mencegah penuaan dini pada kulit, meningkatkan kekenyalan kulit dan penampilan awet muda.

Efek samping Gliserin Untuk Kulit

Saat digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan kulit, gliserin diketahui tidak memiliki efek samping. Namun, bahan ini dapat menyebabkan reaksi alergi jika digunakan dalam konsentrasi tinggi.

Secara umum, gliserin merupakan bahan perawatan kulit yang sangat aman. Namun, reaksi alergi atau iritasi mungkin terjadi, meskipun jarang terjadi seperti halnya dalam produk apa pun.

 


Produk yang Mengandung Gliserin

Gliserin ditemukan di sebagian besar pelembab karena sering dikombinasikan dengan bahan ampuh lainnya untuk membantu menjebak manfaat menghidrasi di kulit, menjadikan kulit super halus dan lembut dengan manfaat tambahan mengurangi kemerahan.

Jadi, gliserin bisa bekerja sebagai pencuci muka karena mampu menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari iritasi dan kekeringan.

Jika Anda melihat daftar bahan dari hampir semua produk perawatan kulit yang sudah digunakan, gliserin mungkin akan sering tercantum. Namun, jika benar-benar ingin mendapatkan manfaat dari gliserin, Anda dapat membeli gliserin nabati langsung dan mengoleskannya sedikit ke bagian kulit yang sangat kering atau bintik-bintik pecah-pecah, seperti siku atau tumit.

Pada intinya, gliserin merupakan bahan penghidrasi yang aman dan efektif untuk semua orang. Bahan ini mungkin sudah ada di produk yang Anda gunakan, tetapi jika tidak, segera cari.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya