Ketahui Manfaat Air Beras Buat Kulit Menurut Sains

Sebagian besar ahli kecantikan percaya bahwa minum seliter air setiap hari dapat mendukung Anda selangkah lebih dekat ke kulit impian. Kabar baiknya adalah menggunakan jenis air tertentu dapat membuat kulit bercahaya. Salah satunya yaitu air beras.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 22 Mei 2023, 18:04 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2023, 18:04 WIB
Manfaat Air Beras Untuk Manfaat Kecantikan
Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan wajah yang berseri dan kencang, cukup menggunakan air beras.

Liputan6.com, Jakarta Baik wanita atau pria, semua orang mendambakan kulit yang bersih, halus, dan bercahaya. Selain merawat dengan produk kecantikan yang dijual di pasaran, air beras ternyata juga bisa berkontribusi dalam hal ini.

Sebagian besar ahli kecantikan percaya bahwa minum seliter air setiap hari dapat mendukung Anda selangkah lebih dekat ke kulit impian. Kabar baiknya adalah menggunakan jenis air tertentu dapat membuat kulit bercahaya. Salah satunya yaitu air beras.

Memang, pada awalnya Anda mungkin merasa aneh. Namun, menggunakan air beras untuk kulit secara rutin dapat membantu Anda memenuhi tujuan kecantikan. Air beras padat dengan nutrisi dan mendapatkan daya tarik di dunia kecantikan. Apalagi banyak brand skincare yang meluncurkan produk yang mengandung air beras sebagai bahan aktifnya.

Dilansir dari Pinkvilla, Senin (22/5/2023), air beras adalah air sisa setelah merebus nasi, bahan makanan pokok di negara-negara Asia Selatan. Butir putih lonjong dikemas dengan nutrisi sehat, seperti zat besi, magnesium, vitamin B6, selenium, dan magnesium. Itu semuanya bagus tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga kulit. Air padat nutrisi dan bahan ini telah menjadi bagian integral dari ritual perawatan kulit Korea dan Jepang selama berabad-abad. Oleh karena itu, banyak penggemar kecantikan yang menyukai pengobatan tradisional dan terjangkau ini untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bercahaya.

Manfaat Air Beras Buat Kulit

Banyak bahan alami, termasuk air beras, diketahui memiliki efek positif untuk kulit. Berikut ini adalah 5 manfaat utama menggunakan air beras untuk kulit secara teratur.

1. Menunda Penuaan Kulit

Menerapkan air beras ke kulit secara teratur dapat membantu mencegah penuaan kulit. Air bertepung padat dengan antioksidan yang dikenal dapat menghambat aktivitas enzim elastase (enzim yang merusak elastin di kulit). Dengan demikian, air beras dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan di wajah. Selain itu, juga dapat melembabkan kulit dan mengembalikan cahaya muda.

 


Manfaat Lain

Jangan Buang Air Beras, Cek Manfaatnya
Air beras merupakan salah satu rahasia kecantikan terbaik di Asia.

2. Mencerahkan Kulit

Meski penelitian lebih dalam diperlukan untuk mendukung klaim ini, air beras dikatakan memiliki efek mencerahkan kulit. Orang-orang di Korea dan Jepang telah menggunakan air beras untuk melawan bintik hitam dan noda pada kulit selama berabad-abad. Diasumsikan bahwa air beras mungkin mengandung beberapa enzim yang diketahui memiliki efek mencerahkan kulit. Inilah salah satu alasan banyak sabun dan krim pelembab mengandung air beras sebagai bahan aktifnya.

Di samping itu, banyak ahli medis pun percaya bahwa air beras dapat mencerahkan kulit tergantung konsentrasi dan formulasinya. Selain itu, betaine, squalene, dan rice bran merupakan komponen beras yang diketahui memiliki efek mencerahkan kulit. Sementara betaine dapat membantu mengurangi kandungan melanin seluler, sehingga membuat warna kulit Anda lebih terang.

3. Melindungi Penghalang Kulit

Ketika penghalang alami kulit Anda terganggu, itu menyebabkan kulit kering dan terkelupas yang selanjutnya dapat menyebabkan masalah, seperti dermatitis atopik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pati dalam air beras dapat membantu mempertahankan dan memperbaiki penghalang alami kulit Anda. Dengan demikian, ini menjadi obat yang luar biasa bagi mereka yang menderita dermatitis atopik. Selain itu, mengoleskan air beras pada kulit Anda dapat membantu meredakan gejala eksim, ruam, dan radang kulit.

4. Menenangkan Kulit

Air beras dikatakan memiliki khasiat menenangkan kulit dan dapat membantu meredakan kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Beberapa orang merasa sangat membantu dalam menghilangkan gejala umum kerusakan akibat sinar matahari, seperti peradangan, ruam, dan kemerahan.

5. Mengontrol Minyak

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa banyak produk pengontrol minyak mengandung beras atau tepung beras sebagai bahan aktifnya? Meskipun ada sedikit bukti untuk mendukung klaim ini, air beras bertepung memiliki efek pengencangan dan pengencangan kulit yang mungkin baik untuk orang dengan kulit berminyak. Selain itu, bahan aktif dalam air beras juga dapat membantu mengontrol minyak dan jerawat.

Manfaat Air Beras Buat Kesehatan

1. Mengatas Masalah Pencernaan

Beberapa orang merekomendasikan minum air beras jika perut sakit. Air beras mengandung vitamin mineral dan vitamin yang menjadi bahan bakar tubuh Anda untuk tetap aktif dan berenergi. Selain itu, air beras yang difermentasi mengandung probiotik yang membantu mengatur fungsi usus dan membantu meredakan diare.

2. Merawat rambut

Jika Anda memiliki rambut kering dan keriting yang cenderung patah, memasukkan air beras ke dalam rutinitas perawatan rambut akan dapat membantu. Sebuah studi pada 2010 menunjukkan bahwa membilas rambut dengan air beras dapat membantu mengurangi gesekan dan menjaga elastisitas helai rambut. Selain itu, inositol dalam air beras juga dapat membantu mengurangi rambut bercabang dan membuat rambut halus dan lembut.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya