Android Menyusup ke Sistem Hiburan Mobil, Apa Keistimewaannya?

Android Auto hadir dengan sejumlah fokus utama, seperti fungsi navigasi, audio, dan pesan singkat.

oleh Gesit Prayogi diperbarui 02 Jul 2014, 07:12 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2014, 07:12 WIB
Android Menyusup ke Sistem Hiburan Mobil, Apa Untungnya?
Android Auto hadir dengan sejumlah fokus utama, seperti fungsi navigasi, audio, dan perpesanan.

Liputan6.com, Jakarta - Google nampaknya tak tinggal diam melihat rivalnya, Apple, yang merilis sebuah sistem hiburan untuk disematkan ke sistem mobil dengan nama CarPlay. Dalam sebuah acara tahunan para pengembang aplikasi yang digelar oleh raksasa pencarian itu, sebuah sistem bernama Android Auto bakal menyusup ke fitur infotainment mobil. Lantas apa kelebihan yang ditawarkan?

Dilansir dalam GSMArena, Selasa (1/7/2014), Android Auto merupakan sistem operasi yang berjalan pada perangkat infotainment mobil dan dibangun memanfaatkan sistem operasi terbaru dari robot hijau, Android L. Hanya saja, perusahaan yang berbasis di California itu melakukan penyesuaian pada tampilan antar muka agar sesuai ditempatkan pada dashboard mobil.

Android Auto hadir dengan sejumlah fokus utama, seperti fungsi navigasi, audio, dan pesan singkat. Sama seperti smartphone Android pada umumnya, sistem itu juga dilengkapi dengan Google Now. "Kita menggunakan mobil untuk berbagai aktivitas, tapi sayangnya di dalam sistem mobil tidak benar-benar terkoneksi dengan berbagai fasilitas," ujar Designer Android Henry Newton-Dunn.



Director of Engineeering Android, Patrick Brady mengatakan, Google telah bekerja sama dengan sejumlah pihak termasuk pabrikan otomotif untuk membuat sebuah platform yang bisa membawa pengalaman Android ke dalam mobil. "Platform ini bisa memungkinkan smartphone terkoneksi ke mobil dan mengakses sejumlah aplikasi. Bukan hanya itu, kami juga membuat antar muka agar lebih mudah diakses," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kaya Fitur

Sejumlah keunggulan fitur yang telah ada pada Android membuat Google bisa menyisipkan fitur-fitur pintar yang memudahkan pengguna saat berkendara. Dengan menggunakan aplikasi Google Now, pengendara bisa melakukan perintah suara untuk melakukan pencarian atau perintah lainnya seperti layanan pemetaan, pesan singkat dan aplikasi Play Music.



Sejauh ini, Google telah bermitra dengan beberapa produsen mobil untuk membentuk Open Otomotif Alliance, yang terdiri dari sejumlah produsen mobil termasuk Audi, General Motors, Honda, Hyundai, dan Kia. (Gst/Gdn)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya