Sabuk Pengaman Bermasalah, Jaguar 'Mourinho' Ditarik

Kerusakan sensor pada sabuk pengaman Jaguar F-Type membuat airbag tidak dapat mengembang.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 11 Des 2014, 19:12 WIB
Diterbitkan 11 Des 2014, 19:12 WIB
Bermasalah Pada Sabuk Pengaman, Jaguar 'Mourinho' Ditarik
Kerusakan sensor pada sabuk pengaman Jaguar F-Type membuat airbag tidak dapat mengembang.

Liputan6.com, London - Jaguar F-Type merupakan sportcar teranyar dari lini produksi Jaguar Land Rover. Meskipun tergolong model baru, sportcar ini nyatanya tak luput dari masalah teknis yang membuatnya harus ditarik.

Dilansir dari Motorauthority, Rabu (12/10/2014), masalah teknis yang terjadi pada F-Type ini berada pada konektor sabuk pengaman. Diketahui, sambungan antara Seatbelt Tensioner Sensor dan Occupant Classification Sensor Control Module tak terhubung dengan sempurna.

Akibatnya, airbag pada sportcar yang juga dimiliki oleh pelatih klub Chelsea, Jose Mourinho ini tidak dapat mengembang saat terjadi kecelakaan. Dalam kondisi normal, sensor yang ada pada konektor ini berfungsi untuk menginformasikan kapan airbag harus mengembang.

Celakanya, kesalahan teknis pemasangan pada Seatbelt Tensioner Sensor ini justru dapat membuat airbag mengembang dengan sendirinya meskipun sabuk pengaman tidak sedang dalam keadaan terpasang.

Sejauh ini, JLR telah menerima tiga laporan dari pemilik Jaguar F-Type yang mengalami masalah serupa. Meski belum sampai menimbulkan korban, pabrikan pun bertindak cepat dengan segera menarik sportcar tersebut

Pihak JLR pun berencana untuk menarik sejumlah 7.079 unit F-Type di seluruh dunia untuk diperbaiki. Proses perbaikan akan dimulai pada 5 Januari 2015 mendatang. (Ysp/Des)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya