Pulang Mudik Pakai Vespa Tua, Ini Bagian-Bagian yang Mesti Diperiksa

Bagi pengendara yang mudik menggunakan Vespa, ada beberapa komponen yang harus dicek setelah motor Vespa dipakai perjalanan jauh ke kampung halaman.

oleh Yurike Budiman diperbarui 25 Jun 2018, 13:06 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2018, 13:06 WIB
20170623-Mudik Dengan Motor Tua-Tebe
Pemudik menggunakan Vespa keluaran tahun 80 an saat masuk ke dalam kapal penyeberangan di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (23/6). H-2 Lebaran 2017, ribuan pemudik bermotor memadati dermaga 6 Pelabuhan Banten. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Mudik menggunakan sepeda motor nyatanya masih diminati oleh masyarakat Indonesia. Tak terkecuali sejumlah pemudik yang menggunakan Vespa lawas untuk dipakai perjalanan jauh ke kampung halaman saat musim mudik kemarin.

Sebelum dipakai mudik, tentu pengendara harus memastikan dulu bahwa kendaraannya harus prima. Begitu juga saat kembali digunakan balik ke Ibu Kota, Vespa harus tetap dicek agar tidak ada masalah yang berarti.

Lalu komponen apa saja yang harus diperiksa setelah Vespa Anda dipakai mudik atau perjalanan jauh?

Ketua Umum iVespa, Arief T Ramdani, mengungkapkan ada beberapa hal yang sering menjadi penyakit terutama pada motor Vespa keluaran tahun tua.

"Biasanya kalau setelah perjalanan jauh ya diservis lagi, ganti oli. Kalau untuk Vespa tua 2-Tak, periksa kabel-kabel seperti kabel gas, kabel kopling. Karena masalahnya biasa di situ," kata Arief saat ditemui Liputan6.com di bilangan Cipete, akhir pekan lalu.

 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:


Selanjutnya

Terlepas setelah atau sebelum mudik, ia mengingatkan jika pengguna Vespa akan melakukan perjalanan, baiknya membawa busi cadangan dan kabel-kabel.

"Kalau vespa tua bawa kabel-kabel dan bawa busi. Busi harus ada serepnya, karena penyakitnya di situ," ujar dia.

Berbeda bila Anda yang mudik menggunakan Vespa modern, atau keluaran baru, akan lebih mudah untuk mengeceknya.

"Untuk Vespa modern lebih mudah yang penting servis besar, Insya Allah aman kembali. Dicek remnya, oli diganti, filter juga diganti," kata pria yang akrab disapa Tobler ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya