Mengadang Toyota Camry, Honda Datangkan Accord 1,5 Turbo

Toyota baru saja meluncurkan all new Camry. Desainnya yang lebih sporty dan menawan rupanya membuat Honda tak berpangku tangan. Mereka menyiapkan Honda Accord baru untuk bertarung di segmen sedan premium.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Jan 2019, 17:07 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2019, 17:07 WIB
Honda Accord generasi ke-10
Honda Accord generasi ke-10 (Paultan)

Liputan6.com, Jakarta - Toyota baru saja meluncurkan all new Camry. Desainnya yang lebih sporty dan menawan rupanya membuat Honda tak berpangku tangan. Mereka menyiapkan Honda Accord baru untuk bertarung di segmen sedan premium.

Hal ini tersirat dari laman Samsat Jakarta di kolom informasi nilai jual kendaraan bermotor. Mereka mendaftarkan Accord bermesin 1,5 liter turbo milik Civic, sebagai varian tertinggi. Harga dasarnya Rp 538 juta.

Dalam daftar itu, mesin 2,4 liter (naturally aspirated) lawas tetap tercantum. Besaran nilai dasar dua model: Rp 410 juta VTI dan Rp 500 juta VTIL. Angka ini bukan harga off the road dan belum termasuk tambahan beragam pajak. Dan sayang sekali, Honda tidak mendaftarkan varian hybrid. Padahal, Toyota saja berani memboyongnya ke sini, sebagai kasta tertinggi. Lalu berapa rentang harga resmi Honda Accord turbo?

Sebagai gambaran, situs resmi Samsat, nilai dasar Camry 2.5 V A/T Rp 490 juta. Usai dirilis kemarin, harga on the road Jakarta menjadi Rp 646,65 juta. Mungkin banderol Accord 1,5 liter turbo bisa di atas Camry. Bisa jadi, pajak tahunan Accord turbo lebih kecil dibanding versi 2,4 VTI. Sebab patokan pajak ditentukan kubikasi mesin.

Jika masuk ke Indonesia, kemungkinan model diimpor dari Thailand. Di sana, Accord turbo tetap menawarkan banyak fitur. Wujudnya berupa pelek 17 inci, LED headlight and taillights, dual-zone climate control, smart entry with push button start, TFT digital meter 7 inci dan multi-angle rearview camera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Selanjutnya

Tak ketinggalan, bubuhan Honda Sensing, sebagai teknologi keselamatan canggih. Mobil ini juga dilengkapi adaptive cruise control with low-speed follow, collision mitigation braking system™, road departure mitigation, lane departure warning dan traffic sign recognition. Jika tak ada pengurangan spesifikasi buat Indonesia, maka itulah deret kelengkapannya.

Berlanjut soal jantung pacu. Mesin 1,5 liter VTEC turbo menyuplai tenaga maksimal 192,3 Tk dan torsi puncak 260 Nm. Betul, mesin itu diadopsi dari Honda Civic turbo. Namun, insinyur Honda meracik ulang ECU dan engine untuk mengimbangi bodi yang bongsor. Jelas tenaganya lebih besar, dibandingkan Civic turbo yang hanya punya daya 169,6 Tk. Pilihan penyaluran daya pun sama. Menggunakan transmisi CVT yang halus.

Lantaran masih satu bahasa desain, perawakan Accord turbo hampir mirip dengan Civic. Pabrikan melekatkan lampu LED yang sipit dan melebar. Tarikan garis dari muka hingga ke belakang bak mobil coupe. Desain baru sangat menggugah selera. Tak kalah tampan dari Toyota Camry anyar!

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya