Dihajar Corona Covid-19, Daihatsu Puasa Luncurkan Mobil Baru

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan tidak akan meluncurkan model baru lagi tahun ini.

oleh Arief Aszhari diperbarui 18 Mei 2020, 15:00 WIB
Diterbitkan 18 Mei 2020, 15:00 WIB
Untuk menarik minat konsumen, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan penawaran menarik untuk konsumen yang ingin melakukan pembelian New Daihatsu Ayla dengan sistem kredit.
Untuk menarik minat konsumen, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan penawaran menarik untuk konsumen yang ingin melakukan pembelian New Daihatsu Ayla dengan sistem kredit.

Liputan6.com, Jakarta - Wabah virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di Indonesia dan berbagai negara di belahan dunia, memiliki dampak yang cukup signifikan di semua lini industri. Salah satunya, penjualan kendaraan di Tanah Air yang menurun drastis, baik roda empat ataupun roda dua.

Melihat kondisi pasar tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bahkan menegaskan tidak akan meluncurkan model baru lagi tahun ini. Pasalnya, jenama asal Jepang ini sudah meluncurkan Ayla dan Sirion baru beberapa waktu lalu.

"Sampai hari ini, Daihatsu belum berencana untuk mengeluarkan model baru, baik secara virtual ataupun online. Kami sudah selesai dengan new Ayla dan Sirion. Jadi tidak berencana mengeluarkan lagi yang lain," ujar Amelia Tjandra Direktur Pemasaran saat teleconference bersama media beberapa waktu lalu.

Keputusan tersebut, memang dilihat dari beberapa faktor, yaitu kondisi yang belum stabil karena pandemi, penjualan menurun dan daya beli masyarakat yang juga turun. Daihatsu sendiri, hanya mampu menjual sebanyak 5.200 unit selama April 2020, dan turun 52,9 persen dibanding bulan sebelumnya.

Namun, kondisi bulan lalu diprediksi bukan jadi yang terparah. Pasalnya, dengan melihat kondisi pamdemi yang belum mereda dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang masih berlaku tentu akan berpengaruh dengan kondisi penjualan kendaraan di Tanah Air.

"Prediksi bulan depan ada dua, kalau wholesale (pabrik ke dealer) kecil banget, karena tak produksi, dan kalau produksi hanya untuk ekspor. Kami lihat brand lain pun sama, wholesale pasti di bawah 1.000 unit," jelas wanita yang akrab disapa Amel.

Dari segi retail, karena akan ada libur lebaran otomatis penjualan Mei akan lebih kecil dari April. "Kalau Daihatsu kami perkirakan paling banyak 40 persen, kalau market 40 sampai 50 persen, paling kita di bawah 15 ribu unit," pungkasnya.

 

 

 


Daihatsu Rocky Meluncur di Indonesia Tahun Depan

Setelah memeriahkan pasar otomotif Jepang, Daihatsu Rocky dipastikan meluncur di Indonesia tahun 2021 mendatang. Hal ini diungkapkan Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company, H. Ashitani di acara Daihatsu National Technical Skill Contest 2020.

"Rocky direncanakan akan diperkenalkan di Indonesia tahun 2021 mendatang. Mobil SUV ini memiliki tiga fitur baru," kata Ashitani di Sunter, Jakarta Utara.

 


Daihatsu New Global Architecture

Tak hanya waktu peluncuran, dalam pidato Ia juga menjelaskan tiga keunggulan yang dimiliki Rocky, salah satunya menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

"Mobil ini merupakan produk kedua dari DNGA yang disebut Rocky A-SUV. Keunggulan kedua, menggunakan transmisi D-CVT atau CVT yang digerakkan oleh sabuk dan roda gigi pertama di dunia," ujarnya.

Fitur terakhir yang dibanggakan dan mampu menjadi daya tarik konsumen ialah fitur keselamatan yang disematkan. "Dan yang ketiga, teknologi keselamatan yang canggih. Semuanya sangat mengesankan, bukan?," tuturnya menjelaskan fitur Daihatsu Rocky.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya