Weltmeister Mobil Listrik Asal Cina Bakal Hadir di Indonesia Awal 2023

Industri otomotif di Indonesia masih cukup seksi bagi banyak pabrikan dunia

oleh Arief Aszhari diperbarui 01 Nov 2022, 17:12 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2022, 17:12 WIB
Mobil Listrik
Mobil listrik Weltmeister. (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Industri otomotif di Indonesia masih cukup seksi bagi banyak pabrikan dunia. Terlebih, di segmen kendaraan listrik Tanah Air, sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, dengan banyaknya merek yang menghadirkan model ramah lingkungannya.

Tidak hanya dikuasai oleh pabrikan Jepang dan Korea Selatan, pasar mobil listrik di Indonesia juga sudah mulai banyak dijejali oleh jenama asal Cina, dan salah satunya merek baru yang akan hadir yaitu Weltmeister yang akan beroperasi di bawah bendera Hascar International Motor.

Chief Executive Officer Hascar, Yedi Yunadi Sondy, yang juga merupakan Direktur dan CEO WM Motor Pacific, mengatakan mobil listrik Weltmeister tinggal tunggu waktu untuk resmi hadir di Indonesia.

"Insya Allah, tunggu tanggal mainnya. Prosesnya masih berjalan, nanti pararel berdampingan (dengan motor listrik Segway)," ujar Yedi, saat ditemui di Epiwalk, Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Informasi terkait kehadiran Weltmeister ini memang masih sangat minim. Namun, untuk bocorannya, pihak hascar dan juga WM Motor Pacific tengah mempersiapkan model untuk diperkenalkan yang sudah mendekati produksi massal.

"Kemarin kan yang kita pamerin masih prototipe. Kuartal 1 lah (2023)," tegasnya.

Sementara itu, jika nantinya mobil listrik Welt meister benar-benar dijual di Indonesia, juga akan dirakit di Tanah Air. Hal tersebut, tentunya untuk menekan harga jual yang memang saat ini masih cukup mahal.

"Mobil listrik kalau tidak dirakit di sini, harganya tinggi. Sudah pasti kita harus produksi di sini. Percaya diri bisa jual banyak? harus pede, karena pasarnya juga sudah besar, sambil kita pelajari kondisi pasarnya," pungkas Yedi.


Bersiap Gempur Pasar Otomotif Indonesia, Pabrikan Mobil Ini Siapkan SUV Listrik

Skorpius AS100, Motor Listrik Segway e200p, dan Weltmeister EX5
Skorpius AS100 bersama motor listrik Segway e200p dan mobil listrik WM Motors Weltmeister EX5 (Instagram/@indra_fathan)

Mengutip paultan.org, Senin (13/9/2021), WM motor akan menghadirkan SUV Weltmeister W5 atau juga dikenal sebagai EX5 sebagai model perdananya di Indonesia.

Pemilihan EX5 bukan tanpa maksud. WM Motor menilai mobil tersebut cocok dengan minat dan kebutuhan masyarakat Indonesia yang lebih condong terhadap mobil SUV, serta kondisi jalanan di Indonesia yang beragam.

"Jika merunut kepada minat masyarakat Indonesia, kondisi medan, serta bagian dari kepraktisan dan fungsionalitas, mobil inilah yang paling cocok," ungkap direktur dan CEO WM Motor Pacific, Yedi Yunadi Sondy.

Selain peluncuran SUV tersebut, WM Motor di Indonesia akan menjadi cabang utama di Asia Tenggara di mana merek tersebut akan memulai ekspansi bisnisnya.

Dikutip dari situs nmaa.co.id, WM Motor International Co. Ltd, brand tersebut ingin memperluas cakupan pasar di Asia Tenggara. Hal itu dimulai dari pembentukan dan kerja sama dengan WM Motor Asia Pacific (WMAP) yang berbasis di Jakarta.

"Pembentukan WMAP membawa rasa percaya sangat besar terutama kepada produk, pelayanan dan pengalaman (menghasilkan) kendaraan berbahan energi terbarukan," tukas Yedi.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya