Finalis World Car of The Year 2023 Diumumkan, Hyundai Ioniq 6 Bersaing dengan Honda HR-V

Pengumuman pemenang World Car Awards 2023 akan digelar di New York Auto Show pada Rabu 5 April 2023.

oleh Jordy Rivaldo diperbarui 09 Feb 2023, 09:10 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2023, 09:10 WIB
Mobil-mobil yang jadi finalis World Car Award 2023. (Carscoops)
Mobil-mobil yang jadi finalis World Car Award 2023. (Carscoops)

Liputan6.com, Jakarta - World Car Awards merupakan acara yang diadakan tahunan untuk memberi pengargaan pada inovasi otomotif terbaik dalam skala global. Pengumuman pemenang World Car Awards 2023 akan digelar di New York Auto Show pada Rabu 5 April 2023.

Acara penghargaan ini dibagi dalam beberapa kategori, yakni World Car of The Year, World Urban Car, World Luxury Car, World Performance Car, World Electric Vehicle of the Year, dan World Car Design of the Year. Para finalis untuk masing-masing kategori pun telah diumumkan.

DIkutip dari Carscoops, Kamis (9/2/2023), untuk finalis kategori World Car of the Year terdiri dari berbagai jenis mobil yang beragam mulai dari coupe, crossover, hingga electric vehicle. Di antaranya adalah Alfa Romeo Tonale, BMW 2-Series Coupe, BMW X1/iX1, dan Honda HR-V/ZR-V. Selain itu, juga ada Hyundai Ioniq 6, Kia Niro, Mazda CX-60, Mercedes C-Class, Nissan Ariya, dan Nissan Z. 

Sedangkan finalis dari kategori World Electric Vehicle, terdiri dari BMW i7, Genesis GV60, Hyundai Ioniq 6, Kia Niro EV, dan Lucid Air.

Pada kategori World Luxury Car juga memiliki pesaing yang menarik. Salah satunya adalah BMW 7-Series/i7 yang juga bersaing pada kategori World Electric Vehicle. BMW 7-Series/i7 memang pesaing yang cukup kuat dengan rival-rivalnya yaitu, Genesis G90, Land Rover Range Rover, Land Rover Range Rover Sport, dan Lucid Air.

 


Kategori World Performance Car

Laris Manis, Hyundai Ioniq 6 Edisi Pertama Ludes Kurang dari 24 Jam (Insideevs)
Laris Manis, Hyundai Ioniq 6 Edisi Pertama Ludes Kurang dari 24 Jam (Insideevs)

Untuk kategori World Performance Car, terdapat BMW M4 CSL, Kia EV6 GT, Nissan Z, Porsche 911 GT3 RS, and Toyota GR yang jadi finalis. Namun, yang mengejutkan adalah Honda Civic Type R, pemenang dari Japan Performance Car Of the Year 2022 gagal lolos ke putaran final.

Di sisi lain, untuk kategori World Car Design of the Year juga memiliki pesaing-pesaing yang tidak kalah keren, di antaranya, Cadillac Lyriq, Hyundai Ioniq 6, Land Rover Range Rover, Lucid Air, dan Nissan Z. Sementara itu, untuk kategori World Urban Car terdiri dari Citroen C3, ORA Funky Cat / Haomao, dan Volkswagen Taigo / Nivus.

Terakhir, gelar World Car Person of the Year akan menunjuk lima nama, di antaranya ahli desain Hyundai SangYup Lee, insinyur riset BMW Dr. Stella Clarke, dan Presiden BYD Wang Chuanfu. dua Pesaing lainnya adalah chief engineer Toyota GR Corolla Naoyuki Sakamoto dan CEO Lucid Peter Rawlinson.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya