Empat Penyebab Ban Mobil Bocor

Ban memerlukan tekanan udara di dalamnya untuk berjalan sesuai dengan fungsinya, terkadang dalam mengendarai mobil kita lupa untuk selalu mengecek tekanan angin ban sehingga di suatu saat mengalami kendala dimana ban bocor.

oleh Andhika Naufal Satria diperbarui 30 Des 2023, 16:12 WIB
Diterbitkan 30 Des 2023, 16:12 WIB
Ilustrasi ban mobil bocor (dealerinspire.com)
Ilustrasi ban mobil bocor (dealerinspire.com)

Liputan6.com, Jakarta - Mengalami ban bocor tentu sangat menyebalkan. Ban tentu memerlukan tekanan udara di dalamnya untuk berjalan sesuai dengan fungsinya, terkadang dalam mengendarai mobil kita lupa untuk selalu mengecek tekanan angin ban sehingga di suatu saat mengalami kendala dimana ban bocor.

Tentunya ban bocor bukan tanpa alasan, melainkan karena ada penyebabnya. PT Hyundai Mobil Indonesia memberikan beberapa alasan mengapa ban mobil kita bisa bocor.

1. Terkena Objek Tajam

Terkena objek tajam adalah salah satu penyebab paling umum, biasanya disebabkan oleh ranjau paku yang disebar oleh pihak tidak bertanggung jawab maupun oleh objek yang tercecer di jalanan.

2. Pemasangan Tidak Tepat

Ketika mengganti ban, pastikan pemasangannya tepat. Bagian dari ban dan velg harus dalam kondisi bersih untuk memastikan pemasangan sempurna tanpa kebocoran.

Jika dipasang dalam kondisi tidak bersih, ada kemungkinan ban akan mengalami bocor halus di area bibirnya.

3. Ban Retak dan Berumur

Ketika ban sudah berumur dan sudah kurang layak dipakai, ban seringkali mengalami retak. Udara bisa keluar dari keretakan ini dan menyebabkan ban bocor.

 


4. Pentil Ban

Pentil ban yang sudah kurang baik atau kurang tepat pemasangannya bisa menyebabkan ban bocor. Apalagi pentil ban memanglah tempat keluar masuknya udara ketika memompa ban.

Itulah 4 penyebab umum ban bisa mengalami kebocoran. Jika ada ban yang terasa ganjil tekanannya, maka ada kemungkinan ban tersebut mengalami kebocoran.

Kemudian segera ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan hingga penggantian dengan ban yang baru agar selalu aman dan nyaman dalam perjalanan.

Infografis Ciri-Ciri Orang Miliki Gangguan Kesehatan Mental
Infografis Ciri-Ciri Orang Miliki Gangguan Kesehatan Mental. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya