GP Ansor Semarang Bantah Dukung Calon dari PKB

Secara organisasi GP Ansor tidak diijinkan berpolitik praktis, sehingga Ansor akan tetap netral dalam pilkada.

oleh Edhie Prayitno Ige diperbarui 30 Nov 2015, 05:27 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2015, 05:27 WIB
Profil PKB - Liputan6 Petang
(Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Semarang - Ketua Pengurus Cabang (PC) M Busyro Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Semarang membantah pihaknya mendukung calon walikota yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di pemilihan wali kota Semarang, 9 Desember nanti.

"GP Ansor boleh mendukung siapapun calon di pilkada, tapi dukungan itu hanya secara pribadi. Tidak sebagai organisasi," ujar Busyro di Semarang, Minggu (29/11/2015)

Busyro menegaskan, secara organisasi GP Ansor tidak diijinkan berpolitik praktis, sehingga Ansor akan tetap netral dalam pilkada. Artinya, jika ada dukungan kepada pasangan Soemarmo HS-Zuber Safawi kalaupun ada, lebih bersifat pribadi.

"Secara keorganisasian, kami netral. Namun, kalau anggota secara pribadi boleh. Yang jelas Ansor bertugas mengawal Nahdlatul Ulama (NU) dan mengawal para kiai," kata Busyro usai mengikuti pengajian di rumah pasangan calon Walikota Hendi-Ita.

Pasangan Hendi-Ita sendiri diusung oleh PDIP yang didukung Demokrat dan Nasdem. Sementara lawannya Soemarmo, saat ini sebagai ketua DPC PKB Semarang yang baru menggantikan ketua lama yang terjerat korupsi. (Dms/Nda)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya