Luhut: Ada 70 Pengamat Asing, Tunjukkan Demokrasi RI Sudah Matang

Meski sempat terjadi kericuhan di Fak Fak, Papua Barat, Luhut yakin Pilkada akan berjalan lancar.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 09 Des 2015, 12:49 WIB
Diterbitkan 09 Des 2015, 12:49 WIB
20150918-Luhut
Menko Polhukam Luhut Pandjaitan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan‎ (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memaknai pesta demokrasi dalam pelaksanaan Pilkada serentak yang berlangsung hari ini secara positif. Yakni dengan menjada kerukunan meskipun berbeda pilihan.

"Ini sejarah pertama pilkada dilakukan secara serentak bersamaan, kita tunjukkan agar pesta demokrasi ini berjalan damai," kata Luhut di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (9/12/2015).

Jenderal purnawirawan ‎TNI AD ini mengungkapkan, Pilkada serentak ini menjadi sorotan dunia. Untuk itu, ia berharap semua pihak bisa ikut mensukseskan Pilkada serentak putaran pertama ini.

‎"Di Tangerang Selatan ada 70 pengamat asing yang memantau Pilkada serentak ini. Buktikan demokrasi kita sudah matang kepada dunia," ungkap dia.

Selain itu, meskipun sempat terjadi sedikit kericuhan di Kabupaten Fak Fak, Papua Barat, Luhut Yakin jika pelaksanaan Pilkada akan berjalan dengan aman dan damai.

"Saya yakin kita akan bisa menyikapi keadaan-keadaan terburuk. Tapi dengan persiapan ini dengan baik kita akan mampu mengantisipasi semua yang terjadi," tandas Luhut.

‎Untuk mengamankan jalannya Pilkada‎ serentak ini, 192 ribu petugas kepolisian dan 11 ribu personel TNI disiagakan di seluruh tempat pemungutan suara yang terdapat di 264 provinsi dan kabupaten/kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya