Rai Mantra-Kerta Ingin Semua Puskesmas di Bali Berstandar Internasional

Calon Gubernur Bali Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra atau Rai Mantra berjanji akan membuat seluruh puskesmas di Bali berstandar internasional.

oleh Devira PrastiwiLiputan6.com diperbarui 27 Mar 2018, 20:32 WIB
Diterbitkan 27 Mar 2018, 20:32 WIB
Deklarasi cagub dan cawagub Bali, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-I Ketut Sudikerta, di Monumen Bajra Sandhi.
Deklarasi cagub dan cawagub Bali, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-I Ketut Sudikerta, di Monumen Bajra Sandhi. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Liputan6.com, Bali - Calon Gubernur Bali Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra atau Rai Mantra berencana untuk memberikan layanan kesehatan berstandar internasional sampai ke tingkat desa. Hal ini akan diwujudkannya bersama pasangannya Calon Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta.

"Saya ambil contoh layanan kesehatan berstandar internasional sudah diterapkan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Denpasar dan berjalan dengan baik. Dengan program tersebut akan bisa juga diterapkan di seluruh Bali ke depannya," ujar Rai Mantra di Desa Les, Kabupaten Buleleng, Bali.

Ia lalu mengambil contoh di Kota Denpasar terdapat empat puskesmas yang telah memenuhi standar pelayanan internasional dengan mengantongi The Best Implementation ISO 9001:2008 dari dua ribu pengguna ISO yang diaudit di seluruh Indonesia.

"Pelayanan kesehatan berstandar internasional sampai ke desa sudah dijalankan di Denpasar dan terbukti berhasil. Hal ini bukan lagi angan-angan. Tapi sudah menjadi kenyataan," ucapnya.

Lebih jauh Rai Mantra mengatakan karena capaiannya, Puskesmas IV Denpasar Selatan pernah dikunjungi oleh Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon dan sejumlah profesor asal Jepang.

Menurutnya, pembangunan puskesmas dengan standar pelayanan serupa diprioritaskan di desa atau kecamatan terpencil yang jauh dari pusat pelayanan kesehatan.

"Adapun layanannya meliputi rawat jalan, kesehatan umum, gigi, pelayanan ibu (klinik KB, papsmear, imunisasi TT), pelayanan bayi dan balita (tumbuh kembang, tindik, dan imunisasi), serta pelayanan laboratorium yang menyakup darah lengkap, kencing manis, asam urat, kolesterol, urine, widal, tes kehamilan, golongan darah, dan medical check up," paparnya seperti dikutip dari Antara, Selasa (27/3/2018).

Di puskesmas tersebut, lanjut Rai Mantra, juga terdapat layanan rawat inap, ruang Voluntary Conseling Test (VCT), ruang senam bagi ibu hamil, ruang bayi, ruang persalinan, dan UGD 24 jam sampai apotik.

"Bahkan di puskesmas berstandar internasional itu kami sediakan fasilitas rawat inap dan melahirkan dengan biaya sangat murah. Tinggal menunjukan KTP saja," kata Rai Mantra.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hak Seluruh Warga Bali

Rai Mantra-Sudikerta
Rai Mantra-Sudikerta

Jika dipercaya memimpin Bali, Rai Mantra bersama Ketut Sudikerta bertekad menghadirkan pelayanan serupa ke seluruh Bali, khususnya di wilayah yang jauh dari akses pelayanan kesehatan.

Rai Mantra menilai pelayanan kesehatan bersandar internasional ini adalah hak seluruh warga Bali. Karena itu, kata dia, pelayanan kesehatan berstandar internasional perlu disebar di banyak titik di penjuru Bali.

"Dengan membangun pusat kesehatan berstandar internasional hingga ke pelosok, masyarakat desa tak harus jauh-jauh datang ke kota untuk mendapat layanan kesehatan. Ini bagian dari upaya pemenuhan hak seluruh warga terhadap kesehatan," tegas Rai Mantra.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya