Gibran Silaturahmi Usai Didatangi Prabowo, Abuya Muhtadi Tetap Dukung Ganjar-Mahfud

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mendatangi Abuya Muhtadi untuk bersilahturahmi di Cidahu, Pandeglang, Banten pada Jumat malam 8 Desember 2023.

oleh Tim News diperbarui 09 Des 2023, 10:31 WIB
Diterbitkan 09 Des 2023, 10:20 WIB
Mahfud MD Cawapres pendamping Ganjar Pranowo
Bakal capres Ganjar Pranowo dan bakal cawapresnya akan mendaftarkan diri sebagai paslon capres-cawapres, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Kamis (19/10/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mendatangi Abuya Muhtadi untuk bersilahturahmi di Cidahu, Pandeglang, Banten pada Jumat malam 8 Desember 2023.

Kunjungan tersebut dilakukan Gibran Rakabuming Raka setelah beberapa hari sebelumnya calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto juga bertamu ke kediaman Abuya Muhtadi.

Meski didatangi Prabowo-Gibran, Abuya Muhtadi tetap teguh mendukung pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Terlebih, Abuya Muhtadi juga telah duduk sebagai anggota Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar - Mahfud.

"Memanfaatkan waktu masa kampanye, beliau (Gibran) hanya memohon doa saja ke Abuya maju untuk maju di pilpres menjadi cawapres di Pemilu 2024 ini. Tidak ada perubahan sikap politik, Abuya tetap konsisten mendukung Pak Ganjar dan Pak Mahfud," ujar Sekjen Majelis Mudzakaroh Muhtadi Cidahu Banten (M3CB) M Sirojudin melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/12/2023).

Sirojudin menegaskan pilihan Abuya dalam mendukung pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 kali ini sudah jelas mendukung Ganjar-Mahfud Md.

"Kalau pilihan Abuya sudah jelas mendukung Pak Ganjar dan Pak Mahfud, sudah tidak ada pertimbangan lain. Ada pun oknum-oknum yang memelintir kalimat-kalimat Abuya, itu posisinya bukan kesalahan di Abuya. Mereka aja yang pingin membuat framing sendiri, ya namanya juga masa-masa kampanyelah," ucap dia.

"Sangat tegas, sampai terakhir tadi saya konfirmasi dengan A Mufa, selaku putra Abuya, menyampaikan kepada saya bahwa tolong sampaikan pada semua, kalau ada yang bertanya, Abuya tetap konsisten di Pak Ganjar dan Pak Mahfud," sambung Sirojudin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hanya Silaturahmi dan Doa

pengundian nomor urut capres-cawapres Pemilu 2024
Pasangan capres-cawapres Pemilu 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md (kiri ke kanan) berpose usai pengundian nomor urut di halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (14/11/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sirojudin mengungkapkan pertemuan Gibran dengan Abuya hanya silahturahmi dan meminta doa. Abuya pun menerima Gibran hanya sebentar saja.

"Pembahasannya sebatas hanya memohon doa saja, dan beliau menyampaikan bahwa tujuan kesini hanya silahturahmi, tidak lebih dari itu. Makanya durasinya sangat singkat," kata dia.

Sirojudin mengungkapkan pesan Abuya pada Pemilihan Umum atau Pemilu ini yaitu meski banyak perbedaan pasangan dan pilihan, agar dilakukan dengan gembira, jangan sampai ada keributan.

Terkait pilihan Abuya, Sirojudin mengungkap pilihan Abuya dalam pemilu bukan pilihan yang sembarangan Pilihan tersebut merupakan hasil dari proses panjang dan pertimbangan dari Abuya.

"Terutama Abuya sekarang punya wadahMajelis Mudzakaroh Muhtadi Cidahu Banten. Dan pada pemilu ini diintruksikan oleh Abuya untuk terlibat, dikarenakan apa, salah satunya adalah kita melihat kondisi bangsa saat ini," terang dia.

"Perlu ada langkah-langkah strategis kompenen masyarakat terutama untuk memanfaatkan pemilu ini menjadi pemilu yang bisa menentukan arah bangsa ke depan yang lebih baik. Abuya berpikirnya untuk masyarakat, Abuya tidak ada di kekuasaan. Ini menunjukkan konsistensi Abuya bahwa Abuya berpikir hanya untuk bangsa dan negara," sambung Sirojudin.

 


Dukungan Hasil Diskusi Bersama

Ganjar Pranowo Bersama Mahfud MD Daftar KPU
"Ketika rakyat kita semuanya betul-betul mengharapkan buruh bekerja dengan keras, pengusaha harus membanting tulang agar survive dari keadaan ekonomi yang tidak mudah ini, itu adalah cerita tentang kita," kata Ganjar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sirojudin menyebut, dalam mendukung pasangan Ganjar-Mahfud, semua itu merupakan hasil diskusi bersama dan juga masukan dari tokoh-tokoh bangsa dan agama.

"Kami menerima masukan dan saran dari tokoh-tokoh bangsa, tokoh-tokoh agama. Kita kaitkan juga dengan ajaran Baginda Rasulullah, siapa yang memenuhi syarat itu. Contohnya harus jujur, adil, amanah, berilmu. Cukup umur. Makanya, keistimewaan umur 40 itu juga ada diterangkan dalam Al Quran juga," ungkapnya.

"Nah ini menjadi sebuah pertimbangan bagi kami, jadi bukan sebarang kita mendukung," sambung Sirojudin.

Di hari yang sama dengan kunjungan Gibran menemui Abuya Muhtadi, sore harinya Kapolda Banten juga diketahui berada di lokasi yang sama. Di foto-foto yang beredar Kapolda nampak ditemani oleh jajaran pejabat kepolisian Polda Banten menemui ulama besar Banten itu. Aparat kepolisian juga terlihat hilir mudik di sekitar kediaman Abuya Muhtadi sejak pagi.

 


Sowan ke Abuya Muhtadi Dimyathi, Prabowo: Beliau Titip Pesan Pancasila Harus Ditegakan

Calon Presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto saat melawat ke kediaman KH Abuya Muhtadi Dimyathi, Minggu (3/12/2023).
Calon Presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto saat melawat ke kediaman KH Abuya Muhtadi Dimyathi, Minggu (3/12/2023). (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Sebelumnya, calon Presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto diminta untuk menjaga dan tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila bila terpilih menjadi presiden masa bakti 2024-2029.

Pesan itu disampaikan oleh KH Abuya Muhtadi Dimyathi. Prabowo bersama rombongannya melakukan kampanye terbuka di Provinsi Banten, Minggu 3 Desember 2023.

Dalam lawatannya itu, Prabowo bertandang ke kediaman Abuya Muhtadi dan Abuya Murtadho.

"Beliau titip (pesan) pancasila harus ditegakan, utamakan kepentingan rakyat, dan bangsa," kata Prabowo di lokasi, Minggu siang.

Prabowo mengatakan, kedua ulama kharismatik Banten itu sangat peduli terhadap bangsa dan negara. Pujian itu diucapkan Prabowo karena mengaku sudah mengenal dekat dengan sosok mereka berdua. Kepada Prabowo, mereka juga memberikan wejangan dan nasihat.

"Dan selalu sangat peduli terhadap nkri keutuhan bangsa, persatuan," ucap dia.

Kunjungan Prabowo ke kediaman KH Abuya Muhtadi Dimyathi menyedot perhatian. Simpatisan dan relawan penuhi ruas jalan menuju ke kediaman KH Abuya Muhtadi Dimyathi.

Nama-nama Prabowo Subianto tak henti-henti terdengar sejak pertemuan berlangsung hingga berakhir.

"Prabowo bapak gemoy, Prabowo Bapak Gemoy," teriak massa.

Prabowo menyempatkan diri menyapa simpatisan dan relawan dari halaman rumah. Kemunculan sosok Prabowo Subianto mengundang perhatian. Masyarakat berbondong-bondong mendekati untuk sekedar bersalaman dan mengabadikan wajahnya.

Prabowo kemudian masuk ke dalam mobil. Dia lagi-lagi membuka sunroof. Dia berdiri, kemudian menyapa warga Banten dari atas mobil.

Tak cuma itu, Prabowo kembali bagi-bagikan cokelat dan kaos. Warga yang menyaksikan berlomba-lomba mendapatkan hadiah yang diberikan Prabowo.

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya