Timnas AMIN Sebut Anies Tak Punya Beban Hadapi Debat Capres Tema HAM

Angga menjelaskan Anies bakal lebih mudah menyatakan sikap terkait dengan isu-isu pelanggaran HAM apabila dipertanyakan panelis dalam debat.

oleh Winda Nelfira diperbarui 12 Des 2023, 18:42 WIB
Diterbitkan 12 Des 2023, 18:42 WIB
Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar dan Hasyim Asy'ari
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) menyerahkan syarat pencalonan menjadi presiden dan wakil presiden kepada Ketua KPU KPU Hasyim Asy'ari di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Angga Putra Fidrian mengatakan, AMIN sepenuhnya siap menghadapi debat dengan tema Hak Asasi Manusia (HAM). 

Terlebih, kata dia AMIN menjadi satu-satunya paslon yang tak mempunyai beban masa lalu yang berkaitan dengan pelanggaran HAM. 

"Anies Baswedan dan Gus Imin itu salah satu kandidat yang tidak punya beban masa lalu, kalau bisa dicek dari yang mendukung tidak punya beban masa lalu," kata Angga di Rumah Perubahan, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

"Bahkan capresnya sendiri nggak punya beban pelanggaran HAM jadi tidak ada masalah dengan itu," lanjut dia.

Oleh sebab itu, Angga menjelaskan Anies bakal lebih mudah menyatakan sikap terkait dengan isu-isu pelanggaran HAM apabila dipertanyakan panelis dalam debat.

"Jadi ketika panelis nanya, panelis butuh sikap dari capresnya ini, karena ini kan debat capres, tidak ada masalah sih, kita sudah (siap). Sikapnya Pak Anies kaitannya dengan pelanggaran HAM sudah firm sih," kata dia.

Buktinya, lanjut Angga terlihat dari rekam jejak Anies saat menjabat gubernur DKI Jakarta pada periode 2017-2022. Kala menjabat, ujar dia Anies tidak pernah melakukan penggusuran.

"Pertanyaan saya, di Jakarta ada pengurusan nggak? Yang skalanya kayak kampung Akuarium sama Bukit Duri selama Pak Anies menjabat? Tidak ada, jadi tidak pelanggaran, tentunya pembangunan ke depan tidak ada pelanggaran HAM," ucap dia.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Format dan Aturan Debat Pilpres

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Tepat di belakang land rover Anies-Cak Imin, ada setidaknya tujuh land rover bak terbuka lainnya yang mengangkut elite partai Nasdem, PKS, dan PKB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

KPU memutuskan lima debat di Pilpres 2024 akan dihadiri secara bersamaan oleh pasangan capres-cawapres. Tidak ada putaran debat secara terpisah yang khusus hanya dihadiri capres atau cawapres seperti pada Pilpres 2019.

Dalam tiga debat, para capres bakal diberikan porsi bicara lebih besar ketimbang cawapres. 

Di dua debat lainnya, para cawapres bakal lebih banyak beradu gagasan. Pada kedua sesi adu gagasan itu, para capres didesain untuk lebih irit bicara.

Infografis Geger Kabar Cak Imin Jadi Cawapres Anies dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Geger Kabar Cak Imin Jadi Cawapres Anies dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya