Program KTP Sakti Ganjar Dianggap Solusi untuk Bansos

Calon presiden Ganjar Pranowo membawa program KTP Sakti untuk mempermudah segala proses bantuan dengan data tunggal, salah satunya bansos.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 23 Des 2023, 22:30 WIB
Diterbitkan 23 Des 2023, 20:05 WIB
Mahfud MD Cawapres pendamping Ganjar Pranowo
Namun, ada yang kurang dari deklarasi Ganjar-Mahfud. Tidak ada Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang merupakan kader PDIP. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

 

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden Ganjar Pranowo membawa program KTP Sakti untuk mempermudah segala proses bantuan dengan data tunggal, salah satunya bansos.

Peneliti Center of Youth and Population Research (CYPR), Boedi Reza menilai, perluasan program bansos tentu sangat baik.

"Perluasan program bansos tentunya sangat baik untuk menyokong masyarakat, terutama yang perekonomiannya menurun setelah terhantam oleh pandemi Covid," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2023).

Boedi menuturkan, perluasan bansos tersebut, diharapkan dapat mendorong perekonomian dari sisi konsumsi. Selain itu, dengan mengintegrasikan melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK) juga dinilai sebagai langkah untuk mengefisiensikan penyalurannya.

"Penggunaan NIK sebagai alat untuk mengidentifikasi penerima sekaligus mengintegrasikan Bansos merupakan langkah maju dan memperlihatkan bahwa Ganjar Pranowo merupakan orang yang sangat progresif dan visioner," jelas dia.

Boedi menuturkan, langkah ini bagus untuk mengefisiensikan penerapan Bansos sekaligus meminimalisir penerima yang tidak tepat.

Manfaat lain dari penggunaan NIK untuk implementasi dan penyaluran Bansos adalah dapat memperkecil celah penyelewengan terutama di tingkat penerima.

Penggunaan NIK sebagai acuan data penerima bansos, memungkinkan percepatan penerimaan bansos oleh masyarakat yang membutuhkan.

"Tentunya dengan penggunaan NIK, verifikasi penerima dapat dilakukan secara cepat, masyarakat tidak memerlukan syarat-syarat atau pemenuhan berkas administrasi yang merepotkan," tutupnya.


Program KTP Sakti Ganjar Disambut Antusias

Program KTP Sakti yang digagas oleh Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mendapatkan respons positif dari masyarakat Majalengka, Jawa Barat. Ganjar diketahui sedang berkampanye di wilayah Indramayu dan Majalengka.

Saat tiba di Majalengka, Ganjar langsung bertemu dengan tokoh masyarakat di Desa Putridalem, Kecamatan Jatitujuh, Majalengka, Sabtu (23/12/2023). Di sana dia turut memaparkan program andalannya bagi masyarakat kecil, salah satunya yakni KTP Sakti.

“Kalo datanya bagus, satu data Indonesia bagus nanti digunakan untuk seluruh kebutuhan masyarakat maka insyallah tidak sulit,” kata Ganjar.

 


Program Gerak Cepat

Dikatakan Ganjar, KTP Sakti adalah salah satu program gerak cepat bagi masyarakat. Di mana, nantinya hanya dalam satu nomor induk kependudukan (NIK) masyarakat sudah bisa terdata, apakah masuk dalam kategori mendapatkan bantuan atau tidak.

Sehingga nantinya KTP Sakti akan mengintegrasikan bantuan sosial (Bansos) sepertu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Sembako, Kartu Tani, dan Kartu Nelayan.

“Kalau kemudian kita kasih contoh itu alamat di sini, nama keluarga anaknya di sini. Bahkan ketawan juga kerjanya apa. Kalo petani punya lahan apa penggarap, kalo ini penggarap oh dia masuk kategori miskin atau tidak, kalau miskin dapat bantuan. Enggak usah ribet, maka mita terobos itu,” jelas Ganjar.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya