Mahfud Kampanye di Jember, Ajak Santri Dialog soal Pupuk dan Kesejahteraan Guru Ngaji

Selain menyambangi pondok pesantren, Mahfud Md juga mengisi kegiatan dialog interaktif bersama Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo dan alumni dosen PP Nurul Qarnain.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 29 Des 2023, 15:47 WIB
Diterbitkan 29 Des 2023, 15:46 WIB
Mahfud Md bersilaturahmi ke Ponpes Nurul Qarnain, Desa Balet Baru, Kecamatan Sukowono, Jember, Jawa Timur, Kamis 28 Desember 2023.
Mahfud Md bersilaturahmi ke Ponpes Nurul Qarnain, Desa Balet Baru, Kecamatan Sukowono, Jember, Jawa Timur, Kamis 28 Desember 2023. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md menutup safari pondok pesantren (ponpes) di Jawa Timur (Jatim) dengan bersilaturahmi ke Ponpes Nurul Qarnain, Desa Balet Baru, Kecamatan Sukowono, Jember, Jawa Timur, Kamis 28 Desember 2023. Kedatangan Mahfud Md disambut hangat ribuan santri, ustaz, kiai, ulama dan warga sekitar.

Mahfud didampingi oleh Pengasuh Ponpes Nurul Qarnain KH Yazid Karimullah yang juga merupakan sahabat lamanya. Akrabnya mereka terlihat ketika mereka bertemu dan berbincang seputar keislaman dan kondisi bangsa Indonesia.

Selain menyambangi pondok pesantren, Mahfud Md juga mengisi kegiatan dialog interaktif bersama Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo dan alumni dosen PP Nurul Qarnain.

Pada dialog tersebut, pria yang juga menjabat sebagai Menko Polhukam itu mendengar banyak keluhan, mulai ketersediaan dan harga pupuk hingga nasib guru honorer atau swasta.

"Banyak keluhan yang disampaikan tentang masalah guru honorer, guru swasta yang tidak seimbang pembagian sertifikat maupun pengangkatan melalui PPPK antara guru dari Kemenag dan Kemendikbud belum seimbang. Persoalan ini saya catat," ujar Mahfud seperti dikutip Jumat (29/12/2023).

Mahfud mengatakan, dia bersama Ganjar Pranowo berkomitmen dalam program kerjanya yang terjamin, terjaga, terjangkau, dan terdiversifikasi. Termasuk menanggulangi persoalan pupuk.

"Kita menuju negara pertanian yang punya ketahanan, kedaulatan, dan kemandirian. Itu konsep pangan kita yang bertumpu pada pertanian. (Ketersediaan) Pupuknya juga harus kuat ya," ucap dia.

Soal minimnya upah guru, guru ngaji di kampung-kampung dan guru kaum difabel, Mahfud berjanji akan membuat guru dan dosen sejahtera, berkualitas, dan kompeten sejajar dengan negara-negara maju.

"Pendapatan guru dan dosen harus meningkat dan harus sejahtera melalui penyempurnaan sertifikasi guru dan dosen secara lebih sederhana," kata Mahfud.

Setelah dialog dengan warga, Mahfud menginap di ponpes tersebut karena kerinduannya dengan suasana pesantren. Turut hadir dalam dialog tersebut KH Abdul Wahid, KH Misbahul Salam, KH Muhidin Khotib, dan KH Nur Mashud Afni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hari ke-32 Kampanye, Ganjar di Boyolali, Mahfud ke Banyuwangi

Ganjar-Mahfud
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md menghadiri debat Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md memulai masa kampanye hari ke-32 dengan mengunjungi sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (29/12/2023). 

Berdasarkan informasi yang diterima dari tim media Ganjar-Mahfud pada Jumat pagi, Ganjar dijadwalkan mengunjungi Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah pada pukul 10.35 WIB. Kemudian, melakukan sholat Jumat di Masjid Agung At-Taqwa Wonogiri pukul 11.25 WIB.

Pukul 13.00 WIB, Ganjar bertemu dengan TPC, caleg partai koalisi dan relawan di RM Sari Raras 2. Selanjutnya, Ganjar menghadiri launching program SMK gratis langsung kerja untuk keluarga miskin di Lapangan Pule, Selogiri, Wonogiri, pukul 14.00 WIB.

Lalu, pukul 15.15 WIB, Ganjar menghadiri pertemuan dengan milenial dan Gen Z Wonogiri di Omah Rayap Resto, Wonogiri. Pukul 17.50 WIB, Ganjar mengunjungi Masjid Habib Syech di Surakarta, Jawa Tengah.

Dia pun mengakhiri rangkaian kegiatannya dengan ramah tamah bersama warga Senting, Boyolali, Jawa Tengah, pukul 20.10 WIB.

Sementara itu, Mahfud Md melakukan perjalanan ke PP Bustanul Makmur, Genteng-Banyuwangi, Jawa Timur, pukul 07.00 WIB. Kemudian, silaturahmi di PP Bustanul Makmur, Genteng-Banyuwangi, pukul 09.00 WIB.

Lalu, Mahfud melakukan perjalanan ke Pondok Pesantren Minhajut Thullab, Muncar-Banyuwangi, pukul 10.00 WIB. Pukul 10.45 WIB, Mahfud menghadiri acara di PP Minhajut Thullab, Banyuwangi.

 


Agenda Mahfud Md Selanjutnya

Ganjar-Mahfud
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md menghadiri debat Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pukul 13.00 WIB, Mahfud melakukan perjalanan menuju lokasi Nelayan Muncar, Banyuwangi. Kemudian Mahfud melakukan perjalanan menuju Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, pukul 15.00 WIB.

Mahfud dijadwalkan kembali menuju Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 16.00 WIB.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

  

Infografis Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya