Gerindra Akui Sudah Lobi PKS untuk Dukung Ridwan Kamil Maju di Jakarta

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengaku sudah ada lobi-lobi secara informal kepada elite partainya dan PKS agar mau mendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 20 Jun 2024, 14:01 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2024, 14:01 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024). (Foto: Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengaku sudah ada lobi-lobi secara informal kepada elite partainya dan PKS agar mau mendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

“Ya lobi-lobi itu ya namanya komunikasi, kan pasti antar orang-orang yang punya kapasitas lah,” kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Habiburokhman menyebut, komunikasi dengan PKS bukan hal aneh. Sebab dianggap adalah kawan lama dan sering bersama dalam kontestasi pilpres.

“Namanya komunikasi kita kan sesama kawan semua bos. Dengan PKS kan kita juga dua kali pilpres bareng. Di DPR kan hubungan kita kan sangat baik. Namanya komunikasi ya menurut saya sih ya, mungkin saja,” kata Habiburokhman.

Meski mengaku sudah ada lobi ke PKS, keputusan untuk Pilkada Jakarta menurutnya belum final di semua partai.

“Keputusannya nanti lah ya, finalnya seperti apa. Ini kan semua berproses apakah kami di sisi Partai Gerindra, apakah di Koalisi Indonesia Maju atau di PKS, di PDIP belum ada yang fix. Emang Anies udah fix maju? Kan enggak juga. Emang PKS sudah fix memajukan Anies? Enggak juga. PKB fix majukan Pak Anies? Enggak juga,” pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menawari Cagub

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, angkat bicara soal perjyataan PKS soal tawaran Koalisi Indonesia Maju ke PKS agar mau menjadi wakil dari Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

Habiburokhman mengaku belum ada keputusan  paslon gubernur dan wakil gubernur untuk yang pilkada Jakarta.

“Jadi kalau teman-teman PKS menginformasikan adanya tawaran menjadi cawagubnya Pak Ridwan Kamil, mungkin itu dari orang perorang petinggi partai politik anggota Koalisi Indonesia maju. Jadi belum menjadi tawaran yang resmi,” kata Habiburokhman pada wartawan, Rabu (19/6/2024).

Meski demikian Habiburokhman berharap tidak ada lagi kubu-kubu di Pilpres 2024 terjadi di Pilkada Jakarta 2024. Ia mengaku pihaknya akan merangkul semua pihak untuk Pilkada Jakarta.

“Kita berharap tidak ada lagi kubu-kubuan di Pilkada kali ini, di DKI khususnya, partai-partai yang kemarin mungkin berbeda koalisi dengan kami bisa jadi saat ini bersatu dengan kami, jadi demi kebaikan, demi masyarakat Jakarta, kita terus mencoba melakukan penyamaan frekuensi dengan seluruh partai politik yang ada,” pungkasnya.

 


PKS Bahas Anies

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW), menyebut saat ini nama Anies memang tengah dibahas dari eksternal. Sehingga, PKS meminta agar kadernya menjadi cawagub Anies jika DPP PKS memberikan dukungan kepada Anies. 

"Misalnya Pak Anies sebagai cagub dari PKS, dan misalnya beliau dicalonkan juga oleh partai yang lain, sehingga beliau diatasnamakan lintas partai, maka tentu wajarnya PKS mengajukan cawagub dari PKS," kata HNW, saat diwawancara di Kantor DPP PKS, Jakarta, Selasa (18/6). 

Dia menjelaskan, alasan kuat partainya meminta jatah cawagub. Sebab, PKS merupakan partai pemenang di Jakarta.

"Periode yang lalu, PKS telah mendukung Pak Anies cagub, cawagubnya enggak dari PKS loh. Masa sekarang enggak ada lagi. Dan sekali lagi, PKS sangat mampu untuk menjadi mendampingi cawagub yang nanti kita sepakati," tegas dia. 

Lebih lanjut, HNW pun mengungkapkan, kader-kader PKS yang potensial menjadi pendamping Anies, diantaranya Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin, calon Anggota DPR RI terpilih dari PKS, hingga Gamal Albinsaid. 

"Tetapi tentu ini semuanya masih cair ya, tetapi DPP PKS masih mencermati semua perkembangan yang ada untuk memutuskan dalam waktu yang singkat," imbuh dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya