Fahri Hamzah: Jakarta Tidak Perlu Pilkada, Harusnya Bisa Aklamasi Pasangan Ridwan Kamil-Suswono

Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah menyambut baik dukungan dari sejumlah partai politik untuk pasangan Ridwan Kamil-Suswono sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 19 Agu 2024, 18:59 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2024, 18:58 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah.
Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah. (Foto: Istimewa),

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah menyambut baik dukungan dari sejumlah partai politik untuk pasangan Ridwan Kamil-Suswono sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. Ia berharap, partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus dapat bertahan hingga pemilu berikutnya.

"Saya ingin menyatakan pandangan dari Partai Gelora bahwa sebaiknya ini adalah rekonsiliasi berikutnya, yang artinya Jakarta tidak memerlukan Pilkada, harusnya kita bisa aklamasi untuk memilih pasangan Ridwan Kamil-Suswono dalam Pilkada yang akan datang," kata Fahri dalam pidatonya saat deklarasi Ridwan Kamil-Suswono maju Pilkada Jakarta di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Dalam kesempatan itu, Fahri juga mengapresiasi langkah Partai Gerindra yang berhasil membangun koalisi besar di Pilkada Jakarta 2024, sehingga bisa mengusung pasangan Ridwan Kamil-Suswono.

"Di DKI ini tidak ada calonnya dari Gerindra, tapi berhasil membesarkan koalisi yang sudah terbentuk pada masa yang lalu, sehingga makin banyak di antara kita partai yang berbeda-beda kemudian bergabung memberikan dukungan kepada Ridwan Kamil dan Pak Suswono," tutur Fahri.

Selain itu, Fahri mengingatkan Ridwan Kamil untuk menuntaskan kepemimpinan di Jakarta dan tidak mudah tergoda untuk maju Pilpres 2029.

"Kepada Pak Ridwan Kamil saya ingin mengatakan jujur di forum ini, karena bisa jadi ada godaan kuat untuk mengambil celah. Kami di koalisi terus terang ingin Pak Prabowo memimpin kita selama dua periode. Jadi jangan tergoda," tambah Fahri.

Ia menyebut, menurut Undang-Undang dan sistem pemerintahan RI, seorang gubernur adalah kepanjangan dari presiden alias pemerintah pusat. Adapun dia bertugas menjadi pelaksana atas setiap program dari pusat.

"Kalau gubernur seperti masa lalu punya agenda sendiri, banjir tak tertangani, polisi semakin parah, kebersihan kota semakin hancur, dan isu lokal yang jadi hak warga Jakarta terabaikan. Ini yang saya bilang sebagai rindu. Ini tolong dicamkan. Mudah-mudahan ini jadi niat kita supaya rekonsiliasi kita berlanjut," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ridwan Kamil-Suswono Resmi Dideklarasikan Maju Pilkada Jakarta 2024

Ridwan Kamil-Suswono resmi dideklarasikan untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur-Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacagub-Bacawagub). Nantinya, mereka akan maju untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.
Ridwan Kamil-Suswono resmi dideklarasikan untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur-Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacagub-Bacawagub). Nantinya, mereka akan maju untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Ridwan Kamil-Suswono resmi dideklarasikan untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur-Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacagub-Bacawagub). Nantinya, mereka akan maju untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

"Piagam pernyataan dukungan, dengan mengharap rahmat Allah subhanahu wa ta'ala Tuhan yang maha esa pada hari ini, Senin, 19 Agustus 2024 kami partai politik yang tergabung dalam Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju menyatakan mengusung Muhammad Ridwan Kamil sebagai Calon Gubernur dan Suswono sebagai calon wakil gubernur pada pemilihan Kepala Daerah Khusus Jakarta tahun 2024," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, Jakarta, Senin (19/8/2024). 

Usai menyatakan dukungan secara bersamaan oleh sejumlah partai koalisi lainnya, mereka pun siap untuk memenangkan pasangan tersebut di Jakarta.

"Serta siap memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta periode 2024-2029," ujarnya.

"Demikian surat dukungan ini kami kuat atas pernyataan dan kerjasamanya kami mengucapkan terima kasih Jakarta 19 Agustus 2024," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya