Golkar Yakin KIM Plus Tetap Dukung Ridwan Kamil-Suswono: Tidak Semudah itu Bisa Berubah

Menurut Politikus Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, partai politik yang tergabung dalam KIM Plus memiliki komitmen kuat untuk memenangkan Pilkada di sejumlah daerah, termasuk di Jakarta bersama Ridwan Kamil dan Suswono.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 27 Agu 2024, 10:29 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 10:28 WIB
deklarasi Ridwan Kamil dan Suswono
Selain itu, ada juga Partai Garuda dan Partai Gelora. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia memastikan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus tetap solid mendukung pasangan bakal cagub-cawagub Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta.

Meski putusan Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengubah ambang batas pencalonan Pilkada 2024, Doli yakin parpol di KIM Plus tetap akan mengusung Ridwan Kamil-Suswono.

"Kami kan membangun komunikasi intensif dengan NasDem, kemudian dengan PKB dan PKS itu kan setidaknya hampir tiga minggu lah waktu itu sampai pada akhirnya sepakat mendukung Ridwan Kamil-Suswono. Jadi saya kira tidak semudah itulah akan bisa berubah," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dilansir dari Antara, Selasa (27/8/2024).

Menurut Doli, partai politik yang tergabung dalam KIM Plus memiliki komitmen kuat untuk memenangkan Pilkada di sejumlah daerah, termasuk di Jakarta.

"Komitmennya kan, komitmen yang sangat kuat. Prosesnya kan cukup lama ya. Artinya enggak sebentar. Begitu kami menyodorkan nama Ridwan Kamil itu kan prosesnya ada dua, tiga, minggu tuh akhirnya kami putuskan mendapatkan dukungan parpol yang sebanyak 12 itu sehingga pendekatannya cukup lama," tuturnya.

Sebelumnya, dalam putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 yang dikeluarkan pada Selasa (20/8), mengubah aturan ambang batas pencalonan kepala daerah oleh partai politik tidak lagi 20 persen, tetapi menjadi minimal 7,5 persen sampai 10 persen.

Putusan MK tersebut membuka Peluang bagi PDIP untuk mengusung calonnya sendiri pada Pilkada Jakarta 2024. Belakangan, nama Anies Baswedan pun santer dijagokan PDIP untuk diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

Sebelum putusan MK tersebut, sebanyak 12 partai politik yang tergabung dalam KIM Plus telah lebih dulu mengumumkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono pada Senin (19/8).

KIM Plus terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


KIM Plus Resmi Deklarasikan Ridwan Kamil-Suswono Maju Pilkada Jakarta 2024

Ridwan Kamil-Suswono resmi dideklarasikan untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur-Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacagub-Bacawagub). Nantinya, mereka akan maju untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.
Ridwan Kamil-Suswono resmi dideklarasikan untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur-Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacagub-Bacawagub). Nantinya, mereka akan maju untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus resmi mendukun terhadap bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono. Ada sebanyak 12 partai yang diwakili sekretaris jenderalnya masing-masing dalam pembacaan deklarasi.

"Piagam pernyataan dukungan, dengan mengharap rahmat Allah subhanahuwata’ala, pada hari ini Senin, 19 Agustus 2024, kami partai politik yang tergabung dalam Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju menyatakan untuk mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur dan Suswono sebagai calon wakil gubernur pada Pilkada DKJ Jakarta 2024," tutur Muzani di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

"Serta siap memenangkan pasangan calon Ridwan Kamil-Suswono menjadi gubernur DKJ periode 2024-2029," sambungnya.

Usai pembacaan deklarasi, wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka pun turut naik ke atas panggung bersama Ridwan Kamil dan Suswono untuk memamerkan berkas resmi dukungan yang telah ditandatangani bersama.

Adapun petinggi partai yang mewakili dukungan Ridwan Kamil-Suswono adalah Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, dan Sekjen NasDem Hermawi Taslim.

Kemudian Sekjen PPP Arwani Thomafi, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, Waketum Gelora Fahri Hamzah, Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka, dan Plt Sekjen Garuda Ihsan Jauhari.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya