Maju Pilgub Jateng 2024, Ahmad Luthfi Siap Mundur dari Polri

Ahmad Luthfi pengajuan pengunduran diri akan disampaikan ke Mabes Polri saat penetapan pasangan calon kepala daerah oleh KPU Daerah Jawa Tengah.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 26 Agu 2024, 18:24 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 18:22 WIB
Irjen Kemendag, Ahmad Luthfi memutuskan maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah. (YouTube Liputan6)
Irjen Kemendag, Ahmad Luthfi memutuskan maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah. (YouTube Liputan6)

Liputan6.com, Jakarta - Irjen Kementerian Perdagangan (Kemendag), Komjen Pol Ahmad Luthfi memutuskan maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024. Ia pun siap siap mengundurkan diri dari Polri.

"Semuanya siap," kata Luthfi dikutip dari YouTube Liputan6, Senin (26//8/2024).

Lutfhi mengatakan, pengajuan pengunduran diri akan disampaikan ke Mabes Polri saat penetapan pasangan calon kepala daerah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Jawa Tengah.

"Begitu ada penetapan calon, baru kami mengundurkan diri," ujar Luthfi.

Di sisi lain, Luthfi mengaku, ia dan Taj Yasin akan mendaftarkan diri sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di KPU Jateng pada Rabu 27 Agustus atau Kamis 28 Agustus 2024 mendatang.

"Rabu atau Kamis. Saya dengan Gus Yasin sudah melengkapi semua administrasi," tambah Luthfi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni bakal menyerahkan surat keputusan dukungan atau B1KWK kepada eks Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Komjen Ahmad Luthfi dan politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Taj Yasin Maimoen alias Gus Yasin pada Minggu 25 Agustus 2024..

"Sore hari ini saya akan menyerahkan B1 KWK kepada Pak Luthfi dan Gus Yasin ya. Jadi di Kantor DPW PSI di Jawa Tengah di Kota Semarang sore hari ini saya akan menyerahkan B1 KWK resmi PSI kepada Pak Luthfi dan Gus Yasin," kata Raja Juli di Kantor DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu 25 Agustus 2024.

"Dengan lahirnya keputusan MK, Mas Kaesang tidak akan maju lagi menjadi dalam kontestasi Pilkada 2024 ini. Jadi clear ya, kami tegaskan bahwa Mas Kaesang dengan putusan MK itu tidak akan maju lagi menjadi calon Pilkada di manapun," tambah Raja Juli.

Lebih lanjut, dia tak menampik Kaesang Pangarep yang sempat mengurus persyaratan administrasi maju pencalonan diri Pilkada Serentak 2024 sebelum berangkat menemani Istrinya Erina Gudono ke Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sudaryono Minta Kader-Simpatisan Gerindra Menangkan Ahmad Luthfi-Taj Yasin di Pilgub Jateng

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono usai menghadiri rapat di DPP Partai Gerindra di Ragunan, Jakarta, 23 Agustus 2024.
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono usai menghadiri rapat di DPP Partai Gerindra di Ragunan, Jakarta, 23 Agustus 2024. (Dok. Istimewa)

Partai Gerindra secara resmi telah memberikan rekomendasi kepada pasangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah pada Pilkada Serentak 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono usai menghadiri rapat di DPP Partai Gerindra di Ragunan, Jakarta, 23 Agustus 2024.

"Jadi hari ini Partai Gerindra secara resmi telah memutuskan untuk mengusung Komjen Pol Ahmad Luthfi dan Gus Taj Yasin Maimoen sebagai pasangan cagub dan wagub Jateng," ujar Sudaryono.

Sudaryono menambahkan, pada kesempatan itu, partainya juga telah memberikan surat dukungan B1-KWK atau surat pernyataan dukungan dari partai politik yang menyatakan dukungan resmi mereka pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur dan Wakil Gubernur, atau Walikota dan Wakil Walikota kepada Ahmad Luthfi untuk dibawa ke KPU sebagai persyaratan pendaftaran.

"Tadi sekaligus juga kami serahkan ke Pak Luthfi surat B1-KWK untuk nanti dibawa ke KPU," terang Sudaryono.

Dengan demikian, ditegaskan Sudaryono bahwa kader Gerindra dan seluruh simpatisan atau relawan harus langsung bergerak dalam rangka memenangkan pasangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin dalam Pilgub Jateng mendatang.

"Pada kesempatan ini pula saya selaku Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah menghimbau kepada seluruh kader, relawan, dan simpatisan untuk langsung bergerak bahu membahu memenangkan pasangan Ahmad Luthfi dan Gus Taj Yasin," pungkas orang dekat Prabowo Subianto tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya