Ridwan Kamil: Survei Bukan Penentu Takdir

Ridwan Kamil meyakini, survei bukanlah hasil akhir. Maka dari itu, selain konsistensi yang diperlukan adalah tetap waspada dalam setiap pergerakan.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 29 Sep 2024, 17:31 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2024, 17:31 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil. (Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) mengaku santai saat hasil survei sejumlah lembaga memperlihatkan elektablitasnya ditempel pasangan calon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno. Menurut dia, peta survei terkadang naik dan turun sehingga yang dibutuhkan adalah konsistensi.

"Ya namanya juga kompetisi. Kompetisi itu ada naik turun, ada peta, ada konsistensi dan lain sebagainya," kata RK saat ditemui di Jakarta Utara, Sabtu (29/9/2024).

RK meyakini, survei bukanlah hasil akhir. Maka dari itu, selain konsistensi yang diperlukan adalah tetap waspada dalam setiap pergerakan.

"Survei bukan penentu takdir, yang tinggi bisa rendah, yang rendah bisa tinggi. Kalau lagi tinggi jangan lengah. saya kira begitu," kata dia.

Bersama Suswono, RK memastikan tetap bergerak bersama. Caranya, dengan menjangkau minimal 8 titik sehari untuk mempertahankan hasil survei tetap baik.

"Kita tak mau lengah walaupun posisinya tinggi, terus bergerak. Saya sehari 8-10 agenda semata-mata untuk menguatkan itu," tandas dia.

Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil jajak pendapatnya, terkait sosok calon gubernur dan wakil gubermur di Pilkada Provinsi Jakarta 2024. Hasilnya, pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK)-Suswono unggul dari dua pesaingnya, Pramono Anung-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

"Ridwan Kamil-Suswono mendapat suara responden sebesar 47,5 persen, disusul Pramono-Rano 31,5 persen dan Dharma-Kun 5,1 persen," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda saat jumpa pers daring, Jumat (27/9/2024).

Menurut Hanta, pada survei kali ini masih terdapat suara undecided voters sebesar 15,9 persen. Sebagian dari mereka mengaku belum tahu mau memilih siapa dan sisanya memilih tidak menjawab.

"Responden yang belum menentukan pilihan ada 15,9 persen," jelas Hanta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ridwan Kamil Janjikan Kemenangan 1 Putaran di Pilkada Jakarta 2024

Ridwan Kamil dan Suswono
Paslon nomor urut 01 Ridwan Kamil - Suswono meminta para pendukungnya di Pilkada Jakarta 2024 agar menjauhi menyebarkan berita bohong alias hoaks. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Calon gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil meyakini dukungan dari SOKSI menambah daya gedor ikhtiar kemenangan dirinya di Pilkada Jakarta 2024 hanya dalam satu kali putaran.

Menurut dia, hal itu bukanlah hal mustahil sebab SOKSI sebagai bagian dari ormas pendiri Partai Golkar memiliki kader yang sangat militan.

 "Salah satu pendukung di dalam internal Golkar yang paling militan adalah SOKSI. Sebagai pendiri Golkar juga dan terlihat oleh media ya, perwakilanya sudah memenuhi gedung ini. Insyaallah tadi semangatnya satu putaran," kata Ridwan Kamil di Acara Deklarasi Dukungan SOKSI di Gedung Judo Jakarta Utara, Minggu (29/9/2024).

Dia menambahkan, optimismenya turut didukung dengan sejumlah hasil survei sejumlah lembaga yang mencatatkan nama Ridwan Kamil-Suswomo yang berada di atas ambang batas.

"Tinggal sedikit lagi. Mudah-mudahan konsisten dan tentu sebagian adalah kerja-kerja dari SOKSI," yakin mantan Gubernur Jawa Barat itu.

Soal strategi khusus, Ridwan Kamil mendorong seluruh anggota SOKSI di Jakarta untuk turut ke tiap rumah warga untuk ketok pintu satu per satu. Tujuannya adalah bersilaturahmi dan menyosialisasikan program dari RIDO (Ridwan Kamil-Suswono).

"Kita blusukan, kita titip ketok pintu, karena itu favorit dari warga adalah Silaturahmi. Mudah-mudahan dengan jumlahnya yang sangat banyak, bisa mengetuk pintu warga sebanyak-banyaknya selama 60 hari ke depan," kata dia.


Ridwan Kamil Kukuhkan Duta Muda, Bakal Jangkau Warga Jakarta Door to Door

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), mengukuhkan Duta Muda Jakarta.
Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), mengukuhkan Duta Muda Jakarta.

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), mengukuhkan Duta Muda Jakarta. RK bilang, total ada ribuan Duta Muda Jakarta ini yang bakal membantu pemenangan RK-Suswono (RIDO).

Duta Muda Jakarta RK-Suswono akan bertugas berkampanye ke seluruh sudut masyarakat di Jakarta dengan cara door to door ke rumah warga. Ribuan anak-anak muda ini dipimpin oleh 200 orang terpilih. 

"Tugasnya mereka akan keliling, door to door, untuk mensosialisasikan program visi misi pasangan rido, sambil berbalik menanyakan permasalahan apa yang dirasakan saat melakukan sosialisasi," kata RK di Bejawa Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024).

Duta Muda Jakarta yang bertugas di lapangan akan dilengkapi dengan sebuah aplikasi bernama Keranjang Masalah Jakarta atau Keramas Jakarta. Di aplikasi ini akan ditampung seluruh masalah yang menjadi keluhan warga.

"Gagasan dari pasangan RIDO mungkin hanya mencangkup 30 persen tentang mimpi Jakarta baru, 70 persennya kita ambil dari ide-ide dari masyarakat, karena membangun ini bukan hanya tugas pemerintah tapi tugas bersama sama," jelasnya.

Menurut RK, masalah dan keluhan warga yang diperoleh Duta Muda Jakarta dari warga akan ditindaklanjuti RK-Suswono. Masalah itu, kata dia akan dicari solusi dan jalan keluarnya melalui visi, misi, dan program yang telah digagas RK.

"Permasalahan itu nanti dieksekusi melalui kewenangan kalau kami menang di bulan Februari kan, kita kan ada rencana bikin Jakarta quick response. Kalau masalahnya hanya individu-individu, kemanusiaan itu nanti quick respon yang menyelesaikan," ucap dia.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya