Ridwan Kamil Tawarkan Program Car Free Night untuk Berantas Kampung Narkoba

Calon gubernur (cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) menawarkan program car free night memberantas kampung narkoba di Cengkareng, Jakarta Barat.

oleh Winda Nelfira diperbarui 11 Okt 2024, 05:40 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2024, 05:40 WIB
Sambangi Kampung Luar Batang, Cagub Ridwan Kamil Cek Tanggul Laut Jakarta
Ridwan Kamil berkomitmen, jika terpilih sebagai gubernur, untuk meningkatkan infrastruktur dan fasilitas umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Calon gubernur (cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) menawarkan program car free night memberantas kampung narkoba di Cengkareng, Jakarta Barat.

Ridwan Kamil mengatakan untuk menyelesaikan masalah sosial itu juga diperlukan koordinasi dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan aparat penegak hukum.

"Ya bagian masalah sosial nanti salah satunya kerja sama dengan Forkopimda kalau itu sifatnya kriminalitas atau kejahatan untuk kerja samanya dengan kepolisian," kata Ridwan Kamil di Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2024).

Selain itu, lanjut dia, juga dibutuhkan ruang-ruang ekspresi bagi masyarakat guna mencegah tindakan kriminal terjadi. Dia berjanji bakal membangun sejumlah ruang ekspresi jika menjadi gubernur Jakarta terpilih pada Pilkada 2024.

"Tapi kalau tadi sifatnya mereka enggak ada ruang ekspresi, kita kan ada program micro library, bikin RTH, beli tanah kavling, ada program car free night," kata politikus Partai  Golkar itu.

Mantan gubernur Jawa Barat itu menyebut anak-anak muda bakal dilibatkan dalam kepanitian pada car free night. Dengan begitu, mereka diharapkan menjadi sibuk dan tak mencari kegiatan lain, semisal tawuran atau narkoba.

"Supaya tiap bulan di malam hari kita ada pameran UMKM, ada kegiatan pentas seni yang panitianya anak muda sehingga mengurangi tawuran, mengurangi orang bengong, mengurangi narkoba juga dengan sibuknya anak muda oleh kegiatan-kegiatan positif," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil Janji Sekolah Swasta Gratis hingga Naikkan Insentif PKK-Dasawisma

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK) saat menyapa warga di Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2024).
Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK) saat menyapa warga di Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil menyapa warga yang hadir dalam syukuran yang digelar Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Demokrat Nur Afny Sajim di Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2024).

Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil memaparkan sejumlah program yang digagasnya maju di Pilkada Jakarta 2024. Salah satunya terkait sekolah swasta gratis yang ingin dia wujudkan pada 2025.

"Mulai 2025 Insyaallah anak-anak ibu kalau sekolahnya di swasta dibayari oleh pemerintah provinsi, gratis," kata Ridwan Kamil.

Melalui program ini, dia berharap anak-anak yang mengenyam pendidikan di sekolah swasta bisa terbantu layaknya mereka yang ada di sekolah negeri.

"Jadi tidak hanya yang sekolah negeri yang gratis sekolah, yang belum beruntung negeri karena terbatas sekolah di swasta juga insyaallah dibayari oleh pemerintah," jelasnya.

Tidak hanya sekolah gratis, RK juga menjanjikan kenaikan insentif bagi pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) hingga Dasawisma.

"Yang kedua, dari mulai Dasawisma, PKK, Posyandu, RKK, Ketua RT, Ketua RW, insentif operasionalnya akan dinaikkan tahun depan," ucap dia.

Selain untuk pengurus PKK dan Dasawisma, kenaikan insentif juga diperuntukkan bagi Jumantik dan Karang Taruna.

"Iya Jumantik masuk, semua masuk, maaf. Ada Jumantik, ada Posyandu, ada PKK, ada Karang Taruna, Dasawisma," kata RK.

Bentuk Tim Siber untuk Berantas Pungli-Premanisme di Jakarta

Selain itu, dalam programnya sebagai cagub, Ridwan Kamil juga mengatakan akan membentuk tim siber untuk memberantas praktik pungli hingga premanisme di Jakarta. Dia mengatakan program itu sebelumnya pernah dijalankan di Jawa Barat.

"Iya dulu saya membereskan selama 5 tahun 40 ribuan kasus pungli. Dengan apa? Ada tim siber pungli," kata RK di Komplek Perumahan Tomang City Garden, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2024).

"Tim siber pungli ini dihadirkan, dihidupkan, kalau sudah ada kita maksimalkan," sambungnya.

Cagub yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus itu menyampaikan, tim siber tersebut akan berkolaborasi dengan kepolisian. Sehingga, kata dia, praktik pungli dan premanisme yang membandel dapat ditertibkan secara efektif. 

Infografis Kronologi Penangkapan Irjen Teddy Minahasa Kasus Narkoba
Infografis Kronologi Penangkapan Irjen Teddy Minahasa Kasus Narkoba (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya