Kampanye Pilgub Jabar, Syaikhu Janjikan Bangun Stadion Bertaraf Internasional di Depok

Syaikhu mengungkapkan, pembangunan stadion sepak bola di Kota Depok, diperlukan adanya konsep kolaborasi pembangunannya dapat Bersatu dan terpadu.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 12 Okt 2024, 15:52 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2024, 15:47 WIB
Ahmad Syaikhu
Presiden PKS Ahmad Syaikhu usai melakukan orasi kampanye di Hotel Bumi Wiyata, Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

 

Liputan6.com, Depok - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ahmad Syaikhu melakukan orasi kampanye di hadapan para kader PKS Kota Depok di hotel Bumi Wiyata Depok. Pada kegiatan itu, Syaikhu berjanji akan membangun satu desa satu industri dan stadion sepak bola.

Ahmad Syaikhu mengatakan, kedatangannya ke Kota Depok akan mengkampanyekan dua pasangan yang akan bertarung di Pilgub Jawa Barat dan Pilkada Depok. Adapun pasangan tersebut, yakni Syaikhu dan Ilham, serta pasangan Imam dan Ririn.

“Saya mengkampanyekan dua pasangan sekaligus, pertama untuk Depok Imam-Ririn pasangan nomor 1, dan yang kedua saya dan Kang Ilham untuk di Jawa Barat pasangan nomor 3,” ujar Syaikhu, Sabtu (12/10/2024).

Syaikhu menjelaskan, kedatangannya ke Kota Depok untuk menjelaskan kepada tokoh di Kota Depok soal upaya pemenangan di Jawa Barat dan Kota Depok. Pasangan Syaikhu-Ilham ingin mewujudkan kebersamaan.

“Artinya mewujudkan Jawa Barat maju dengan prinsip silih asah silih asih silih asuh. Ini yang akan kita tentu berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten dan kota se- Jawa Barat,” jelas Syaikhu.

Syaikhu mencontohkan, saat dirinya menjadi Wakil Wali Kota Bekasi, ingin membangun stadion bertaraf Internasional. Pembangunan stadion akan menjadi saluran bagi pemuda di kota Bekasi khususnya.

“Ternyata kan untuk mewujudkan itu biayanya besar, kita kolaborasi dengan Provinsi, waktu itu zamannya Kang Aher,” ucap Syaikhu.

Adanya kolaborasi antara Kota dan Provinsi, lanjut Syaikhu, terjadi cost sharing, Pemerintah Provinsi memberikan sepertiga dari biaya. Adanya dukungan tersebut, upaya pembangunan stadion bertaraf internasional dapat terwujud.

“Akhirnya sekarang terwujud Stadion Patriot Chandrabaga di Kota Bekasi,” terang Syaikhu.

Syaikhu mengungkapkan, pembangunan stadion sepak bola di Kota Depok, diperlukan adanya konsep kolaborasi pembangunannya dapat Bersatu dan terpadu. Kebersamaan dalam membangun memberikan manfaat yang panjang, hal itu akan dilakukan di Kota Depok untuk membangun stadion layaknya di Bekasi.

“Karena ada sense of belonging, rasa memilikinya, bukan hanya Pemprov saja tapi kota Depok juga,” ungkap Syaikhu.

 

Program Satu Desa Satu Industri

PKS
Presiden PKS, Ahmad Syaikhu saat menghadiri orasi kampanye di Hotel Bumi Wiyata, Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

 

Disinggung soal program satu desa satu industri, Syaikhu menuturkan, pasangan Syaikhu-Ilham akan berdayakan dan membuat industri yang dinilai tepat di daerah tersebut. Syaikhu akan memetakan tentang potensi yang ada di kawasan di desa.

“Kemarin saya ke Bandung Barat, mereka nggak ada pencanangan desa itu sebagai desa wisata dari pemerintah kabupaten, provinsi maupun di pusat. Tapi masyarakat desa sendiri yang kemudian menginginkan dan bertekad, kami ingin jadi desa wisata dan ternyata mereka bisa,” kata Syaikhu.

Namun, lanjut Syaikhu, desa yang mampu menghasilkan produk pupuk sendiri, membangun wisata sendiri, lambat akan pertumbuhannya. Apabila terpilih, Syaikhu akan mengintervensi Pemerintah Provinsi untuk mempercepat pertumbuhannya.

“Kita bayangkan satu desa satu industri, jadi kalau satu desa satu industri aja, kan ada keragaman industri yang ada di Jawa Barat,” terang Syaikhu.

Selain membangun satu desa satu industri, pasangan yang diusung PKS, Nasdem, PPP, turut menyoroti permasalahan sampah. Dia menuturkan, persoalan sampah di Jawa Barat maupun kota lainnya kesulitan untuk pengelolaan sampah.

“Sesungguhnya ini yang menurut saya harus segera diselesaikan (sampah), karena mungkin menjadi ketidaknyamanan bagi penduduk sebuah kota,” tutur Syaikhu.

 

Stadion Bertaraf Internasional di Kota Depok

Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie.
Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie menjadi bakal pasangan calon Pilgub Jabar kedua yang mendaftar ke KPU, Kamis siang, 29 Agustus 2024.

Syaikhu mengakui, persoalan yang sering terjadi ketika sampah sudah overlap, hal itu turut dialami saat menangani kota Bekasi. Saat itu, Ia  berusaha menjadikan sampah zero waste, dengan mengambil metannya, ternyata tidak berhasil dan dibuat energi listrik, namun terlalu kecil energinya sehingga tidak ekonomis.

“Oleh karena itu perlu ada penanganan yang terintegrasi(permasalahan sampah),” katanya.

Sementara, Calon Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyambut baik kedatangan Ahmad Syaikhu ke Kota Depok. PKS Kota Depok akan berusaha membantu dan mendukung kemenangan Syaikhu di Jawa Barat.

“Kami siap memenangkan pasangan Syaikhu-Ilham di Kota Depok,” ujar Imam.

Imam akan berusaha memenangkan Syaikhu pada Pilgub Jawa Barat di Kota Depok mencapai 80 persen. Menurutnya, apabila Syaikhu terpilih dan menjadi Gubernur Jawa Barat, akan berkolaborasi antara Kota Depok dengan Jawa Barat untuk membangun stadion bertaraf internasional di Kota Depok.

“Iya ini karena kewenangan Provinsi, Insya Allah ustad Syaikhu menang, Depok akan dibangunkan stadion bertaraf internasional, yang kedua, kekurangan SMA Negeri Kota Depok juga akan dibangun,” pungkas Imam.

Infografis

Infografis Calon Tunggal di 43 Daerah Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Calon Tunggal di 43 Daerah Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya