Poltracking: Suara RIDO Naik 4,1% dari Survei Sebelumnya

Dalam survei tersebut, pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) memiliki peningkatan dari hasil survei, dari sebelumnya di September kemarin.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 25 Okt 2024, 07:46 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2024, 06:01 WIB
Calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta Ridwan Kamil alias RK-Suswono menghadiri acara deklarasi dukungan dari Gabungan Relawan Ridwan Kamil-Suswono (Garnisun) 08 di wilayah Cakung, Jakarta Timur (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)
Calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta Ridwan Kamil alias RK-Suswono menghadiri acara deklarasi dukungan dari Gabungan Relawan Ridwan Kamil-Suswono (Garnisun) 08 di wilayah Cakung, Jakarta Timur (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Poltracking melalukan jajak pendapat berkala terhadap elektabilitas pasangan calon di Pilgub Jakarta 2024. Hasilnya, dalam survei tersebut, pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) memiliki peningkatan dari hasil survei, dari sebelumnya di September kemarin.

“Berdasar hasil survei yang dirilis oleh Poltracking Indonesia pada September 2024, elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono berada pada angka 47,5 persen. Merujuk hasil survei yang dirilis oleh Poltracking Indonesia hari ini, elektabilitas pasangan RIDO naik sebanyak 4,1 persen atau menjadi 51,6 persen,” Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam keterangannya saat jumpa pers, seperti dikutip Jumat (25/10/2024).

“Angka tersebut sekaligus menegaskan elektabilitas pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta nomor urut 1 itu terus tumbuh,” beber dia.

Hanta menambahkan, mengacu pada angka tersebut, peluang pilkada Jakarta 2024 berlangsung satu putaran masih terbuka. Apalagi angka elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono sebesar 51, 6persen.

“Kalau melihat dari data ini, dari sisi elektabilitas memang ada potensi pilkada di Jakarta akan berlangsung satu putaran. Meski angkanya relatif masih pas di 51 persen, kalau menggunakan data per hari ini,” ungkap Hanta.

Sebagai informasi, survei terbaru Poltracking Indonesia dilakukan pada tanggal 10-16 Oktober 2024 terhadap 2000 responden yang merupakan warga Provinsi Jakarta yang memiliki hak pilih. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik acak bertingkat atau multistage random sampling.

Batas kesalahan (margin of error) +/- 2,2 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Metode survei dilakukan dengan wawancara tata muka oleh para surveyor yang terlatih.

Diketahui pada survei kali ini, pasangan nomor 1 Ridwan Kamil dan Suswono meraih angka tertinggi dengan 51,6%, diikuti Pramono Anung - Rano Karno (Doel) 36,4% dan Dharma Pongrekun - Kun Wardana Abyoto 3,9%.

RK Fokus Kerja

Menanggapi hasil survei yang bermunculan, Cagub Ridwan Kamil (RK) menyampaikan dirinya bersama Suswono terus fokus pada kerja-kerja dan pembuktian kepada masyarakat Jakarta. Sehingga tidak terdistraksi angka survei mana pun.

”Kalau hasil surveinya kurang menyenangkan, jawabannya adalah tingkatkan kegiatan kampanye. Kalau hasilnya bagus, tidak boleh lengah dan tetap kerja,” kata RK dalam keterangan terpisah.

RK berjanji, Pasangan RIDO akan menghadirkan Pemilu sehat dan bermartabat. Karena itu, yang perlu dilakukan adalah menghadirkan program-program untuk menyelesaikan berbagai persoalan di Jakarta.

“Kerja itu kan ada blusukan, ada sapa warga, ada medsos, dan lain sebagainya. Saya akan terus bekerja melakukan kegiatan sampai akhir masa kampanye, apapun hasil surveinya,” RK memungkasi.

 

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya