Survei Sebut Mayoritas Responden Nilai RIDO Mampu Pimpin Jakarta, Ini Alasannya

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR menjelaskan, temuan surveinya mencatat sebanyak 70,7 persen responden meyakini RIDO mampu memimpin Jakarta

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 25 Okt 2024, 06:21 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2024, 04:17 WIB
Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024, Setiap Pasangan Calon Sampaikan Visi-Misi
Calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Poltracking merilis temuan terbarunya soal Pilgub Jakarta 2024. Hasilnya, dalam survei tersebut, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) berhasil unggul.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR menjelaskan, temuan surveinya mencatat sebanyak 70,7 persen responden meyakini RIDO mampu memimpin Jakarta.

“RIDO dinilai cerdas dan berwawasan luas,” kata Hanta seperti dikutip Jumat (25/10/2024).

Hanta menambahkan, RIDO juga dinilai mendapat elektabilitas 69,2 persen dari responden survei karena dinilai peduli dan perhatian terhadap rakyat.

“Selanjutnya, sebanyak 61,3 persen responden menilai RIDO memiliki sifat jujur, bisa dipercaya dan bersih dari korupsi dan 65,6 persen responden menilai RIDO berani dan tegas. Serta, 71,9 persen responden menilai Ridwan Kamil berpenampilan menarik," ungkap Hanta.

Selain itu, program unggulan RIDO seperti sekolah gratis untuk semua, pasar sembako murah tiap bulan di kelurahan, dana RW Rp1 Miliar per tahun merupakan 3 besar program yang paling banyak disukai masyarakat.

Metodologi Survei

Sebagai informasi, survei terbaru Poltracking Indonesia dilakukan pada tanggal 10-16 Oktober 2024 terhadap 2000 responden yang merupakan warga Provinsi Jakarta yang memiliki hak pilih. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik acak bertingkat atau multistage random sampling.

Batas kesalahan (margin of error) +/- 2,2 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Metode survei dilakukan dengan wawancara tata muka oleh para surveyor yang terlatih.

Diketahui pada survei kali ini, pasangan nomor 1 Ridwan Kamil dan Suswono meraih angka tertinggi dengan 51,6%, diikuti Pramono Anung - Rano Karno (Doel) 36,4% dan Dharma Pongrekun - Kun Wardana Abyoto 3,9%.

 

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya