Lewat Program TDD, Agustiar Sabran-Edy Pratowo Dinilai Makmurkan Rakyat Kalteng

Program Tambahan Dana Desa (TDD) jadi salah satu gagasan yang paling menarik. Lewat program tersebut, Edy konkret memberikan tambahan dana sebesar Rp250 juta hingga Rp500 juta untuk setiap Desa.

oleh Tim News diperbarui 25 Okt 2024, 13:10 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2024, 13:02 WIB
agustiar Sabran
Calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Nomor urut 3, Agustiar Sabran dan Edy Pratowo. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) nomor urut 3 Edy Pratowo punya program nyata yang mampu sejahterakan rakyat. Bersama Calon Gubernur (Cagub) Agustiar Sabran, Edy bertekad Makmurkan seluruh rakyat Bumi Tambun Bungai.

Program Tambahan Dana Desa (TDD) jadi salah satu gagasan yang paling menarik. Lewat program tersebut, Edy konkret memberikan tambahan dana sebesar Rp250 juta hingga Rp500 juta untuk setiap Desa.

Anggaran ini untuk insentif para tokoh adat, RT, RW, guru ngaji, pendeta, dan kegiatan keagamaan pemasyarakatan. Dengan begitu, kebutuhan rakyat bisa terpenuhi lewat program TDD.

"Pak Edy bersama Pak Agustiar punya program dan gagasan yang memang menyentuh kami sebagai rakyat," ucap Tokoh Masyarakat Kabupaten Pulang Pisau, Suparmin, Jumat (25/10/2024).

Suparmin mengatakan, Edy adalah pemimpin yang sangat lengkap. Sosoknya mampu bawa kemajuan nyata untuk Kalteng.

Wakil Gubernur periode 2021-2024 itu sangat siap untuk kembali pimpin Kalteng. Sosok Edy sangat mampu jadikan Kalteng lebih baik ke depannya.

Saat periode pertamanya pimpin Kalteng, banyak kebijakan dan program pro rakyat hasil dari tangan dinginnya bersama Gubernur Sugianto Sabran. Program seperti Kalteng Berkah dan Pasar Murah jadi gagasan yang paling untungkan rakyat.

"Kepemimpinan Pak Edy kemarin juga kita ancungi jempol, karena program-programnya sangat menguntungkan bagi kesejahteraan rakyat," terang Suparmin.

Suparmin menilai, pengalaman tersebut sangat menguntungkan bagi masyarakat. Menurutnya, Edy sanggup terus lanjutkan program pro rakyat yang sudah ada saat ini.

"Beruntung ada Pak Edy, karena beliau saya yakin bisa melanjutkan apa yang sudah digagasnya pada kepemimpinan kemarin," pungkasnya.

 

Gaet Dukungan Generasi Muda

Agustiar-Edy
Pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) nomor urut 3 Agustiar Sabran-Edy Pratowo. (Ist).

Pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) nomor urut 3 Agustiar Sabran-Edy Pratowo punya program nyata yang mampu sejahterakan rakyat. Program seperti Kartu Huma Betang Sejahtera sanggup gaet dukungan generasi muda.

Pengamat Politik Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi mengatakan, program tersebut punya point penting yang memang dibutuhkan anak muda yaitu sekolah dan kuliah gratis. Point tersebut sangat mampu bawa dukungan dari masyarakat khususnya generasi muda.

Sebab menurut Ade, program tersebut sangat jelas dan mudah dicerna oleh generasi muda. Itu mampu penuhi segala kebutuhan generasi muda di Bumi Tambun Bungai.

"Itu adalah program dari Agustiar-Edy yang sangat populis, mudah dipahami, mudah dicerna, dan relevan dengan kebutuhan generasi muda di tengah biaya pendidikan yang tinggi," ucap Ade, Rabu (21/10/2024).

Bagi Ade, program populis seperti itu bisa berdampak positif terhadap pertumbuhan electoral seorang Pasangan Calon (Paslon). Sehingga, itu bisa perbesar potensi kemenangan dalam sebuah konstelasi politik di Indonesia.

Ade menilai, sangat wajar jika elektabilitas Agustiar-Edy sangat digdaya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalteng 2024. Karena memang dukungan anak muda sudah terarah ke paslon tersebut.

"Ketika ada Paslon yang menawarkan hal itu, maka akan berdampak positif terhadap elektoralnya," ujarnya.

Dalam survei Poltracking Indonesia periode 10-16 Oktober 2024, Agustiar-Edy jadi paslon yang paling banyak didukung oleh generasi muda. Sebanyak 40,6 persen Generasi Z arahkan dukungan kepada Agustiar-Edy.

Kemudian, di kalangan Milenial Muda, Agustiar-Edy tuai dukungan sebanyak 33,5 persen. Sedangkan di Milenial Matang, pasangan tersebut didukung dengan kekuatan sebesar 47,0 persen.

Survei tersebut buktikan kekuatan Agustiar-Edy di kalangan pemilih muda. Hal itu sangat menguntungkan bagi keduanya untuk menangkan Agustiar-Edy di Pilgub Kalteng 2024.

Infografis

Infografis Rencana Rapat Paripurna Kilat DPR Pengesahan RUU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rencana Rapat Paripurna Kilat DPR Pengesahan RUU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya