5 Perumahan Berkonsep Rumah Pintar di Jabodetabek

Tertarik mencari rumah jual dengan fitur smart home? Berikut ini 5 perumahan smarthome di sekitar Jakarta yang bisa Anda pilih

oleh Liputan6 diperbarui 04 Nov 2015, 12:24 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2015, 12:24 WIB
Platara
Platara Pondok Pinang

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi yang canggih semakin mempermudah aktivitas keseharian, salah satunya dengan hadirnya rumah pintar (smart home) yang kini menjadi tren di kalangan developer atau pengembang Indonesia. Tinggal di smart home, Anda tidak perlu repot-repot naik turun tangga untuk mematikan lampu, menyalakan pendingin udara, sampai menutup pagar.

Hanya dengan satu alat kendali, yang berbentuk remot kontrol atau ponsel pintar, Anda bisa mengendalikan semua instalasi di rumah dari jarak jauh. Teknologi ini tidak hanya memanjakan penghuni rumah, namun juga pemakaian energi yang efisien, hemat dan ramah lingkungan. Tertarik untuk memilikinya? Berikut ini Rumah.com telah menyusun daftar lima rumah berkonsep smart home di Jabodetabek:

1. Pasadenia Residence, Jakarta Timur

Lingkungan perumahan Pasadenia Residence

Rumah mewah dengan luas bangunan lebih dari 150 meter persegi dan lokasi strategis masih belum cukup bagi Anda? Pasadenia Residence melengkapinya dengan instalasi smart home di tiap unitnya. Jadi dengan sistem ini, Anda bisa mengendalikan hampir seluruh instalasi yang terdapat pada rumah, mulai dari televisi, pendingin udara dan lain sebagainya. Setiap unit juga memiliki solahart untuk pemanas air, instalasi pendingin udara, listrik, telepon dan televisi kabel. Berdiri di atas lahan seluas 3 hektar, rumah dijual di Jakarta Timur ini terletak di Jalan Pulomas Raya, dekat Pacuan Kuda. Perumahan di Jakarta Timur ini begitu dengan dengan fasilitas umum seperti lapangan golf, sekolah dan rumah sakit.

2. Platara Pondok Pinang, Jakarta Selatan

Platara @Pondok Pinang yang dilihat dari luar pagar perumahan

Apa jadinya jika rumah pintar Anda memiliki sistem eco-green dan terletak di kawasan strategis di Jakarta Selatan? PT Dalea Nusantara Mandiri berhasil mewujudkan ketiganya di Platara @Pondok Pinang. Diluncurkan terbatas dalam empat unit, rumah ini mengusung efisiensi energi untuk kehidupan yang berkelanjutan.

Rumah ini memiliki sistem penampungan air hujan sebagai alternatif dari penyedotan air tanah. Jika terpaksa harus menyedot air tanah, Anda bisa meminumnya secara langsung berkat teknologi Reverse Osmosis system. Selain itu rumah ini memanfaatkan tenaga surya untuk keperluan listrik sehari-hari. Metode ini diklaim mampu menghemat penggunaan listrik PLN 10 hingga 20 persen.

Mengenai konsep rumah pintar, terdapat satu device atau alat yang mampu mengoperasikan hampir seluruh aplikasi rumah. Mulai dari operasional lampu, gordyn, sistem penguncian, perabot elektronik, hingga sistem keamanan terintegrasi yang mempermudah hidup Anda. Harga satu unit rumah Platara saat ini dibanderol mulai dari Rp 4,2 miliar hingga Rp 5,8 miliar. Biaya yang pantas Anda bayar dengan sederet keunggulan yang dimilikinya.

3. Botanica Valley, Serpong

Arsitektur ikonik di pintu pagar Botanica Valley

Rumah pintar tak harus berharga mahal, salah satunya bisa Anda temukan di Botanica Valley. Menjadi proyek percontohan dalam penerapan rumah pintar IndiHome Telkom, harganya dibanderol mulai Rp 400 juta hingga Rp 1 miliar. Terbagi dari tipe 42-72 untuk tahap pertama dan tipe 69-98 untuk tahap kedua, perumahan ini berjumlah total 401 unit rumah.
Tinggal di Botanica Valley, penghuni mendapat fasilitas telepon, TV kabel, dan internet gratis. Dengan personal PIN ID, setiap penghuni mempunyai akses pengaturan rumah pintarnya.

Mulai dari instalasi lampu, pendingin udara, kamera CCTV bahkan panic button, dikendalikan langsung dari ponsel pintar. Pengembang juga mengklaim perumahan ini ramah lingkungan dengan peruntukan 65 persen lahan hijau dari total luas lahan enam hektar.

4. Citra Gran Brentwood, Cibubur

 

Unit rumah Jardin di super cluster Citra Gran Brentwood

Bergeser sedikit mencari rumah dijual Jakarta Timur, Ciputra Group tak mau ketinggalan membangun rumah dengan konsep smart home di kawasan terpadunya CitraGran Cibubur. Dengan fitur smart home, penghuni bisa mengatur penggunaan peralatan elektronik, mulai dari kulkas, lampu, televisi, dan lain-lain. Menggunakan vendor Schneider, fitur smart home ini disebut ULTI EZInstall3 Mini Home Control.

Teknologi nirkabel yang digunakan mampu menggabungkan pengaturan tata cahaya, kontrol tirai, dan peralatan rumah lainnya antara lain televisi dan pendingin ruangan. Dengan banderol harga Rp 2,8 miliar untuk rumah dengan luas bangunan 123 meter persegi dan luas lahan 128 meter persegi diklaim tak terlalu mahal. Dengan fitur smart home, desain arsitektur modern dan di lengkapi furnitur lengkap, unit rumah ini bisa Anda pilih sebagai rumah murah di Jakarta Timur.

5. Royal Matoa Residence, Depok

Lingkungan perumahan di Royal Matoa

Untuk Anda yang melirik kawasan perumahan di Depok, Royal Matoa menawarkan unit modern minimalis dilengkapi teknologi smart home dan lingkungan yang asri. Lokasinya strategis, dekat rencana interchange Tol Cinere-Jagorawi dan Depok-Antasari. Di kembangkan Pilarmas Land, satu unit rumahnya berharga atas Rp 2 miliar. Pemilik rumah akan dibekali komputer tablet untuk mengontrol rumahnya dari jauh. Misalnya menyalakan dan mematikan perangkat elektronik seperti lampu dan AC.

Tertarik mencari rumah jual dengan fitur smart home? Dengan sederet kemudahan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan, rumah pintar menjadi daya pikat dengan harga yang masih relatif terjangkau. (/Ahm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya