Tips Optimalkan Ruang Lemari yang Terbatas

Pernahkan Anda membuka lemari pakaian dan menyadari isinya sudah sesak?

oleh Anto Erawan diperbarui 13 Mar 2016, 20:40 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2016, 20:40 WIB
RumahCom-Tips Optimalkan Ruang Lemari yang Terbatas
Pernahkan Anda membuka lemari pakaian dan menyadari isinya sudah sesak?

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda membuka lemari pakaian dan menyadari isinya sudah sesak? Lemari pakaian tak bertambah luas, tapi pakaian terus bertambah banyak.

Menyingkirkan pakaian lama mungkin pilihan mudah untuk mengosongkan lemari. Namun jika pakaian yang ingin disimpan masih terlalu banyak untuk ruang lemari yang terbatas, tips yang dinukil dari Rumah.com ini bisa jadi pilihan yang menarik seperti ditulis Jumat (11/3/2016).

Kenali Karakteristik Pakaian

Laki-laki dan perempuan umumnya memiliki karakteristik koleksi pakaian yang berbeda. Pakaian laki-laki umumnya berupa hanya kaos, kemeja, jaket, serta celana panjang maupun pendek.

Perempuan biasanya memiliki ragam pakaian yang lebih banyak, dari tank top sampai gaun pesta, dari hot pant sampai celana panjang.

Ide tips pertama ini sederhana: mengenali karakteristik koleksi pakaian Anda amat membantu untuk menentukan bagaimana ruang di dalam lemari akan diorganisir.

Misalnya, jika Anda memiliki lebih banyak atasan dan bawahan yang ukurannya pendek-pendek, Anda bisa memasang dua batang gantungan baju secara bertingkat.

Dengan begitu, satu ruangan bisa menyimpan pakaian dua kali lebih banyak. Jika mayoritas pakaian Anda berupa gaun-gaun panjang, tentunya cara lain lebih efektif buat menambah ruang di dalam lemari.

Buat Kategori

Mengelompokkan pakaian berdasarkan kategori tertentu juga cara yang efektif untuk mengorganisir ruang di dalam lemari.

Misalnya saja, Anda bisa mengelompokkan pakaian berdasarkan jenis: kaos dengan kaos, kemeja dengan kemeja, begitu seterusnya. Kemudian kelompokkan lagi berdasarkan warna. Nah, kini Anda punya palet warna di dalam lemari.

Tips ini berguna bukan hanya untuk menjaga isi lemari tetap rapi. Akan tetapi juga membantu Anda memilih dengan cepat kombinasi pakaian yang akan Anda kenakan untuk acara mendadak.

Keuntungan tambahannya, cara ini membantu Anda mengingat semua pakaian yang sudah Anda punya. Jadi, ketika jalan-jalan di toko pakaian Anda takkan “tanpa sengaja” membeli pakaian yang serupa dengan yang sudah ada di lemari Anda.

Bikin hanger bersusun

Anda bisa memanfaatkan bagian pembuka pada kaleng soft drink untuk membuat hanger pakaian bersusun. Caranya mudah: siapkan dua hanger yang kaitnya terbuat dari logam.

Kalungkan pembuka kaleng tadi pada leher salah satu hanger, lalu cantolkan hanger kedua pada pembuka kaleng tersebut. Cara ini cukup efektif untuk menyusun gaun-gaun panjang agar menghemat ruang.

Anda juga bisa memanfaatkan rantai agar dapat menggantung pakaian secara bersusun. Gantungkan rantai cukup besar pada lemari. Masing-masing cincinnya bisa Anda manfaatkan untuk mengaitkan hanger. Dengan begitu Anda bisa menggantung baju-baju secara vertikal sehingga lebih menghemat ruang.

Manfaatkan Sisi dalam Pintu Lemari

Sisi bagian dalam dari pintu lemari bisa Anda jadikan ruang tambahan. Caranya, pasang satu atau dua gantungan handuk yang biasanya dipasang di kamar mandi. Dengan begini, sisi dalam pintu lemari jadi tempat yang baik untuk menyimpan syal, selendang, dan semacamnya.

(Astrid Septriana/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya