Sambut Tamu di Rumah Tak Harus Bersusah-payah

Untuk menjadi tuan rumah yang baik sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit. Dan sebagai panduan, langkah berikut ini tentunya layak Anda coba.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 02 Nov 2016, 07:18 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2016, 07:18 WIB
20161102-Tips sambut tamu di rumah
Lupakan menyulap kamar tidurnya ala hotel berbintang empat apalagi lima, cukup siapkan segala hal yang dapat membuat tamu merasa nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Anda memiliki teman ataupun saudara yang berencana datang dari luar kota untuk berkunjung dan menginap di rumah Anda? Sebagai tuan rumah yang baik tentu saja Anda harus menyambutnya dan membuat mereka merasa nyaman selama berada di rumah Anda.

Untuk menjadi tuan rumah yang baik sebenarnya bukanlah pekerjaan yang sulit. Dan sebagai panduan, langkah dari Rumah.com berikut ini tentunya layak Anda coba.

Simak juga: 5 Tips Membuat Tamu Betah di Rumah

Kamar tamu yang bersih

Siapkan kamar tidur untuk tamu. Lupakan menyulap kamar tidurnya ala hotel berbintang empat apalagi lima, cukup siapkan segala hal yang dapat membuat tamu merasa nyaman. Ganti seprai dan gorden dengan yang baru, lap permukaan furnitur, kemudian sapu dan pel lantai kamar.

Berikan juga bantal dan selimut tambahan sehingga para tamu bisa menggunakannya sesuai keinginan. Dengan melakukan semua hal ini, tamu akan akan menyadari bahwa Anda menyambut mereka dengan baik. Tamu pun akan merasa nyaman tinggal di kamar yang bersih.

Perlukah menjemput tamu di bandara?

Jangan sungkan untuk menanyakan apakah Anda perlu menjemput mereka di bandara atau stasiun. Jika mereka berangkat sendiri ke rumah Anda, pastikan mereka memiliki semua informasi tentang transportasi umum dan rute perjalanan menuju ke rumah Anda.

Setelah itu, periksa kembali tanggal kedatangan dan lama menginap tamu di rumah Anda. Lakukan pengecekan beberapa kali agar tidak terjadi kesalahpahaman. Saat tamu datang, berikan sambutan hangat serta tawarkan camilan dan minuman. Setelah menempuh perjalanan jauh, orang biasanya merasa lelah dan lapar.

Tur keliling rumah

Maksudnya, ajak tamu mengenal isi rumah Anda. Tunjukkan rak, laci, atau lemari yang bisa mereka gunakan untuk menyimpan barang-barang. Beritahu juga di mana Anda menyimpan handuk yang bisa mereka gunakan dan persediaan kopi dan teh yang bisa mereka nikmati.

Selain itu, jelaskan kebiasaan yang dilakukan di rumah Anda sebelum para tamu bertanya. Misalnya kebiasaan Anda bangun pukul 5.30 pagi, kemudian memasak sarapan dan berolahraga di sekitar rumah.

Menyediakan perlengkapan mandi

Kadang-kadang tamu melupakan hal-hal kecil saat berkemas, contohnya perlengkapan mandi. Sediakan body lotion, sampo, conditioner, sabun, pasta gigi, dan sikat gigi di kamar mandi. Beritahu kepada para tamu bahwa mereka bisa mengambil dan menggunakan semua perlengkapan itu setiap kali mereka membutuhkannya.

Memasak makanan favorit para tamu

Untuk membuat para tamu merasa lebih nyaman dan seakan-akan berada di rumah sendiri, cobalah memasak menu kesukaan mereka saat makan siang atau makan malam. Sebelumnya, tanyakan dulu makanan favorit mereka dan makanan yang sedang dihindari.

Foto Pexels.com

Nur Rahma

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya