Beli Rumah Pakai KPR Jangan Sampai Salah Langkah

Banyak orang berspekulasi agar makin untung saat beli rumah pakai KPR. Tapi pastikan beli rumah pakai KPR jangan sampai salah langkah seperti berikut ini.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 11 Apr 2018, 18:09 WIB
Diterbitkan 11 Apr 2018, 18:09 WIB
20180411-beli rumah pakai kpr jangan sampai salah langkah
Pada dasarrnya skema cicilan KPR untuk pembelian rumah sangat membantu bagi Anda yang hendak membeli rumah meski belum punya dana sebesar harga rumahnya.

Liputan6.com, Jakarta Beli rumah pakai KPR jangan sampai salah langkah. Ini penting, terutama bagi Anda yang dalam waktu dekat ini berencana membeli rumah dengan memanfaatkan program KPR (kredit pemilikan rumah) dari bank.

Pada dasarrnya skema cicilan KPR untuk pembelian rumah sangat membantu bagi Anda yang hendak membeli rumah meski belum punya dana sebesar harga rumahnya. Sebelum mengajukan KPR, simulasikan dulu kemampuan finansial Anda lewat kalkulator KPR persembahan Rumah.com.

Namun, alih-alih agar pembelian rumah dengan KPR semakin menguntungkan, banyak orang yang berspekulasi melakukan berbagai hal yang pada akhirnya ternyata malah salah langkah. Nah, agar tidak menyesal di kemudian hari, beli rumah pakai KPR jangan sampai salah langkah seperti berikut ini.


Siapkan Biaya Tambahan Lainnya

  • Menabung buat bayar DP rumah saja 

Salah satu pengeluaran terbesar ketika Anda membeli rumah dengan skema KPR adalah membayar uang muka atau DP yang berkisar antara 10% – 30% dari harga rumahnya. Tapi bukan berarti Anda hanya perlu menabung senilai DP rumahnya saja.

Ingat, ada biaya-biaya tambahan lain yang juga harus disiapkan saat membeli rumah seperti bea meterai, biaya aplikasi, biaya penilaian, biaya legal, dan asuransi KPR.

  • Semakin besar DP yang dibayarkan, semakin baik

Membayar uang muka atau DP lebih besar dari yang ditetapkan memang membuat jumlah pinjaman jadi lebih kecil, sehingga cicilan bulanan pun jadi terasa lebih ringan. Akan tetapi langkah seperti ini menyebabkan uang Anda jadi banyak tersedot.


Sisihkan Kelebihan Uang Muka Rumah

Ketahuilah, umumnya ada saja perbaikan atau renovasi rumah setelah proses serah terima rumah meski kebanyakan lebih sekedar memuaskan selera pribadi. Ada baiknya jika Anda menyisihkan kelebihan uang muka atau DP tersebut untuk keperluan lainnya atau sebagai dana untuk keadaan darurat.

  • Bayar cicilan lebih besar untuk mempersingkat tenor

Kecuali Anda memiliki KPR Flexi, membayar cicilan bulanan lebih dari yang diwajibkan mungkin hanya akan memberi sedikit keuntungan bagi Anda. Lebih jauh lagi, dalam periode lock-in yang biasanya diterapkan pada sebagian besar pinjaman rumah sekarang ini, Anda bahkan dapat diberi penalti karena menyelesaikan pinjaman rumah Anda lebih cepat dari waktu yang sudah disepakati.

Jadi beli rumah pakai KPR jangan sampai salah langkah. Dan untuk tips selengkapnya, simak artikelnya hanya di Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya