Pesan Wali Kota pada Hari Jadi ke-651 Cirebon

Tahun baru hijriah tak hanya menjadi momen penting masyarakat Islam dunia tetap bagi masyarakat Cirebon karena bertepatan dengan hari jadi kota itu.

oleh Panji Prayitno diperbarui 21 Agu 2020, 09:00 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2020, 09:00 WIB
Pesan Walikota di Hari Jadi ke 651 Cirebon
Walikota Cirebon Nashrudin Azis saat memimpin upacara hari jadi ke 651 Cirebon yang bertepatan dengan tahun baru Hijriyah 1442. Foto (Istimewa)

Liputan6.com, Cirebon - Peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah bertepatan dengan hari jadi ke 651 Cirebon. Pada perayaan tersebut, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengajak kepada seluruh ASN untuk membeli produk UMKM.

Azis meminta ASN dan seluruh lapisan masyarakat untuk memiliki semangat membangun kembali Kota Cirebon pada masa pandemi Covid-19 ini secara bersama.

"Pada kesempatan ini, kami secara khusus meminta kepada ASN untuk bisa membeli produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM di Kota Cirebon," ungkap Azis saat Upacara Peringatan Hari Jadi ke-651 Cirebon tahun 1442 H/2020 M di halaman Setda Balaikota Cirebon, Kamis (20/8/2020).

Dengan membeli produk UMKM, Azis yakin perekonomian di Kota Cirebon perlahan bisa meningkat. Azis mengingatkan hari jadi ke 651 tahun Cirebon mengambil tema semangat membangun bersama.

“Tema tersebut terasa sangat tepat untuk menyemangati kita semua dalam menggerakkan kembali dinamika kehidupam masyarakat Kota Cirebon di masa pandemi Covid-19 ini,” ungkap Azis.

Semangat membangun bersama, menurut Azis, jauh dari tafsir siapa memiliki tahta apa, siapa harus melakukan apa, dan ungkapan personal lainnya.

"Membangun bersama ini soal kerja gotong royong,” tegas Azis.

Dengan semangat membangun bersama maka agenda-agenda penting terkait program prioritas Cirebon yakni bersih, hijau, dan tertib yang sempat tertunda tahun ini kembali dirancang ulang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


PAD Menurun

Pesan Walikota di Hari Jadi ke 651 Cirebon
Walikota Cirebon Nashrudin Azis saat memimpin upacara hari jadi ke 651 Cirebon yang bertepatan dengan tahun baru Hijriyah 1442. Foto (Istimewa)

"Kita semua tahu, pandemi Covid-19 membuat APBD Kota Cirebon mengalami banyak penyesuaian," ungkap Azis.

Azis menyebutkan, pandemi Covid-19 telah membuat Anggaran Pendapatan Daerah 2020 mengalami penyesuaian dan kontraksi sebesar 12,79 persen. Anggaran belanja juga mengalami rasionalisasi dan refocusing untuk belanja pencegahan dan penanganan dampak Covid-19 serta mengalami penurunan sebesar 12,20 persen.

Sedangkan belanja langsung 2020 yang mengalami rasionalisasi juga menurun sebesar 21,95 persen. Namun, Azis tetap menekankan untuk melaksanakan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat.

"Insya Allah program yang tertunda kita realisasikan 2021. Jangan sekali-kali kita kendorkan upaya pencegahan dan penanggulangannya," ungkap Azis.

Upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 akan dilakukan bersama-sama oleh seluruh Pemda Kota Cirebon dengan bantuan dan dukungan dari seluruh masyarakat. Usai peringatan Hari Jadi ke-651 Cirebon tahun 1442 H/2020 M dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-651 Cirebon.

Sebelum menghadiri sidang paripurna, Azis terlebih dahulu melepas bus yang membawa sejumlah orang untuk melakukan City Tour ke sejumlah lokasi wisata di Kota Cirebon. City Tour ini sebagai momen untuk meningkatkan kembali pariwisata di kota Cirebon sekaligus untuk senantiasa menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 di lokasi-lokasi wisata.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya