5 Kuliner Rembang yang Wajib Dicoba, Serupa tapi Tak Sama dengan yang Lainnya

Berikut beberapa kuliner Rembang yang wajib dicoba.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 15 Feb 2023, 09:28 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2023, 05:00 WIB
Melegenda, Kuliner Lontong Tuyuhan Khas Rembang
Lontong Tuyuhan Khas Rembang. (Liputan6.com/Ahmad Adirin)

Liputan6.com, Rembang - Kabupaten Rembang berada di ujung timur Jawa Tengah. Berada di jalur Pantura, membuat Kota Rembang banyak dikelilingi pantai indah.

Wilayah ini juga memiliki ragam kuliner khas. Berikut beberapa kuliner Rembang yang wajib dicoba:

1. Sate Srepeh

Sate srepeh termasuk salah satu kuliner khas Rembang yang unik. Pasalnya, kuliner ini memiliki tampilan dan racikan yang berbeda dengan sate ayam pada umumnya.

Sate srepeh memiliki bumbu yang berwarna merah kekuningan, bersantan, dan lebih encer. Satai ini biasanya menggunakan daging ayam dan jeroan. Namun, ada juga yang menggunakan daging kambing atau sapi.

2. Lontong Tuyuhan

Sekilas, lontong tuyuhan mirip dengan opor ayam. Kuliner ini memiliki kuah bumbu kuning dan ayam yang dimasak bersamaan.

Namun, lontong tuyuhan dan opor memiliki perbedaan. Bedanya terletak pada lontong yang berbentuk segitiga. Selain itu, sajian ini juga cenderung memiliki rasa pedas pada kuah santannya yang dihasilkan dari bumbu khas, seperti kemiri, jinten, dan bawang.

Lontong tuyuhan juga diisi berbagai isian, seperti jeroan ayam, daging ayam kampung, serta tempe yang dipotong kecil-kecil. Untuk menambah rasa, makanan ini disajikan dengan menambahkan bawang goreng.

3. Kelo Mrico

Kelo mrico merupakan kuliner yang mirip sup ikan. Sajian ini biasanya memakai ikan dukang atau yang lebih dikenal dengan nama ikan sembilang.

Kuah pada sajian ini dimasak menggunakan bumbu rempah, merica, dan cabai. Campuran rempah tersebut akan menciptakan cita rasa pedas.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Urap Latoh

4. Urap Latoh 

Urap latoh merupakan makanan berbahan baku latoh, yakni sejenis rumput laut yang banyak ditemukan di daerah pesisir. Bentuknya seperti telur ikan atau biasa disebut juga dengan anggur laut yang berwarna hijau, dengan cabang berbentuk lembaran, batangan, dan bulatan.

Cara membuat urap latoh sangat mudah dan sederhana, seperti urap pada umumnya. Cukup dengan mencuci latoh tanpa harus dimasak, kemudian mencampurkannya dengan parutan kelapa dan sambal.

5. Soto Rembang

Kuliner soto khas Rembang ini biasa disebut juga dengan soto kemiri. Tampilan soto Rembang mirip seperti soto pada umumnya, tetapi terdapat ciri khas yang membedakan.

Soto Rembang memiliki kuah kental dengan rasa yang gurih dan lebih kuat. Soto ini disajikan di dalam mangkuk dengan isian yang terdiri dari tauge, sayur kol, soun, suiran ayam, telur, tomat, dan jeruk nipis.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya