Chelsea Jadi Klub Liga Inggris Pertama yang Gelar Bukber Ramadan

Melansir dari laman resmi klub, melalui Chelse Foundation, kegiatan bukber itu akan digelar di markas stadion kebesaran mereka, Stamford Bridge.

oleh Panji Prayitno diperbarui 19 Mar 2023, 02:22 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2023, 02:22 WIB
Chelsea Jadi Klub Liga Inggris Pertama yang Gelar Bukber Ramadan
Chelsea merubah logo mereka pada 2005. Logo ini merupakan desain ulang dari logo Ted Drake untuk memperingati seratus tahun perjalanan The Blues. (Chelsea FC)

Liputan6.com, Jakarta - Klub raksasa asal Kota London Inggris Chelsea FC akan menjadi klub pertama yang menggelar buka puasa bersama (bukber) di stadion saat bulan suci Ramadan.

Melansir dari laman resmi klub, melalui Chelsea Foundation, kegiatan bukber itu akan digelar di markas stadion kebesaran mereka, Stamford Bridge.

Sejumlah jamaah masjid di London, fans muslim, dan para pelajar diundang pihak kub untuk hadir di acara perdana, pada Minggu (26/03/2023) mendatang.

"Chelsea Foundation akan menyelenggarakan buka puasa bersama di sisi lapangan Stamford Bridge pada Minggu, 26 Maret. Ini akan menjadi yang pertama bagi klub dan stadion Premier League," tulis pihak The Blues, julukan Chelsea dalam pernyataannya.

Kegiatan bukber Chelsea terlaksana berkat kerja sama dengan Ramadan Tent Project. Sebuah badan amal pemenang penghargaan yang didirikan tahun 2013 memiliki misi menyatukan komunitas dan mengembangkan pemahaman mengenai Ramadan.

Kegiatan ini sekaligus merayakan hari jadi Ramadan Ten Project yang ke-10 dengan menggelar festival Ramadan tahunan. Acaranya diisi dengan berbagai perayaan seperti seni, budaya, dan kreativitas yang terinspirasi bulan suci Ramadan.

"Selama satu dekade terakhir, Ramadan Tent Project menghubungkan dan mengumpulkan lebih dari setengah juta orang dari semua kalangan melalui festival Ramadan tahunan dan menginisasi buka puasa bersama," ujar CEO Ramadan Tent Project, Omar Salha, seperti dikutip dari laman resmi Chelsea.

Chelsea pun ditunjuk menjadi klub Premier League pertama yang akan menggelar buka puasa bersama secara terbuka dengan komunitas muslim di London.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Program Keberagaman

Pihaknya mengaku merasa terhormat bisa menghadirkan buka puasa bersama ke Stamford Bridge yang bekerja sama dengan Chelsea guna mendorong inklusivitas dalam sepak bola.

"Sepak bola dan Ramadan menyatukan orang-orang melalui pengalaman bersama dan kami sangat senang beragi perayaan penting ini dengan para pendukung sepak bola dari semua latar belakang dan mewakili komunitasnya," lanjut Omar.

Seentara itu, Kepala Chelsea Foundation Simon Taylor mengaku bangga bisa menjadi klub Premier League pertama yang menggelar buka puasa bersama.

"Dengan senang hati mengumumkan acara buka puasa kami yang digagas bersama Tent Project menjadi yang pertama yang melakukannya," ujarnya.

Ramadan disebut oleh Chelsea Foundation sebagai bagian dari kampanye 'No to Hate' yang merupakan program dari kesetaraan, keragaman, dan inklusi serta bertujuan untuk mengedukasi semua pemangku kepentingan di dalam maupun luar Chelsea dan sepak bola.

Mempromosikan toleransi beagama menjadi satu di antara fokus utama No to Hate, dengan festival keagamaan lain bakal mendapatkan sorotan sepanjang tahun.

"Mengenal Ramadan dan komunitas Muslim kami adalah aspek penting dari tugas kami dalam mempromosikan toleransi beragama," ujar Taylor.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya