Menanti Ganti Rugi Pertamina Dumai atas Ratusan Rumah Terdampak Ledakan Kilang Minyak

Kapolda Riau Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal meminta Pertamina Dumai segera membayar ganti rugi rumah warga yang terdampak ledakan kilang minyak.

oleh M Syukur diperbarui 06 Apr 2023, 05:00 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2023, 05:00 WIB
Kobaran api dari ledakan kilang minyak Pertamina Dumai akhir pekan lalu.
Kobaran api dari ledakan kilang minyak Pertamina Dumai akhir pekan lalu. (Liputan6.com/Istimewa)

Liputan6.com, Pekanbaru - Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Riau Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal meminta Pertamina Dumai segera membayar ganti rugi rumah warga yang terdampak ledakan kilang minyak. Tujuannya menghindari gejolak di tengah masyarakat.

Sebelumnya, ledakan kilang minyak ini membuat ratusan rumah di dua kelurahan Kota Dumai retak. Selain rumah, fasilitas umum dan ibadah juta terdampak karena ledakan hidrogen itu.

Iqbal mengatakan, beberapa jam usai ledakan pada akhir pekan lalu itu dia langsung ke Dumai. Sebelum mengecek lokasi, Iqbal menggelegar pertemuan dengan direksi Kilang Pertamina Indonesia.

"Dengan direkturnya, kalau enggak salah Pak Taufik, saya meminta agar masyarakat terdampak tidak menunggu lama," jelas Iqbal, Rabu siang, 5 April 2023.

Setelah itu, Iqbal juga menggelar pertemuan dengan wakil menteri. Iqbal menyampaikan hal serupa agar kerugian masyarakat karena ledakan tidak menimbulkan gejolak.

"Insya Allah akan ditindaklanjuti," kata mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri ini.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dua Kelurahan

Dari data yang dirangkum, ledakan ini membuat lebih dari 600 rumah rusak. Ratusan rumah itu terdapat di Kelurahan Tanjung Palas dan Jaya Mukti.

Untuk Kelurahan Tanjung Palas ada sekitar 510 unit dan Kelurahan Jaya Mukti ada sekitar 102 unit. Selanjutnya ada juga fasilitas umum seperti sekolah, masjid, musala, dan bangunan lainnya terdampak.

Sementara untuk Kelurahan Tanjung Palas, fasilitas umum yang rusak terdiri dari beberapa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Berikutnya sejumlah masjid.

Pihak Pertamina sudah mendata kerusakan ini. Masyarakat diminta membuat laporan jika belum terdata sementara rumahnya rusak karena ledakan itu.

Hingga kini belum diketahui bentuk ganti rugi yang diberikan. Pertamina menyebut akan bertemu dengan warga dan pemerintah daerah guna memutuskan bentuk ganti rugi nantinya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya