Apa Itu Gerhana Bulan Penumbra yang Berlangsung 6 Mei 2023?

Gerhana bulan merupakan sebuah fenomena alam yang sudah sering terjadi dan bisa dilihat dari bumi. Meskipun fenomena ini tidak selalu terjadi, tetapi kehadirannya sering dinantikan bagi sebagian orang untuk melihat keindahannya.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 03 Mei 2023, 23:47 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2023, 23:43 WIB
Gerhana Bulan Penumbra
Forum Liputan6

Liputan6.com, Bandung - Gerhana bulan merupakan sebuah fenomena alam yang sudah sering terjadi dan bisa dilihat dari bumi. Meskipun fenomena ini tidak selalu terjadi, tetapi kehadirannya sering dinantikan bagi sebagian orang untuk melihat keindahannya.

Ada banyak jenis gerhana bulan yang sering terjadi di antaranya adalah Gerhana Bulan Penumbra yang akan segera terjadi. Melansir dari @InfoBMKGMaluku gerhana bulan penumbra sendiri akan terjadi pada hari Sabtu (06/05/2023).

Melansir dari Space gerhana bulan penumbra menjadi salah satu jenis gerhana bulan yang membuat pengamatnya melihat bulan menggelap, tetapi tidak sepenuhnya tertutup. Singkatnya gerhana ini terjadi ketika seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra dan bulan pun terlihat dengan warna yang gelap.

Jenis-Jenis Gerhana Bulan

Gerhana bulan merupakan fenomena alam yang terjadi karena bulan tertutup oleh bayangan bumi. Gerhana bulan mempunyai tiga jenis diantaranya adalah gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan penumbra.

Berikut ini adalah penjelasan dari tiga jenis gerhana bulan tersebut:

1.Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total merupakan gerhana bulan yang fenomena alamnya terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan. Sehingga yang terjadi kemudian matahari, bumi, dan bulan pun berara tepat pada satu garis yang sama.

2. Gerhana bulan sebagian

Gerhana bulan sebagian atau dikenal dengan gerhana bulan parsial merupakan gerhana yang terjadi pada saat bumi tak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Sehingga permukaan dari bulan pun berada do daerah penumbra dan sebagian sinar matahari masih terlihat hingga ke permukaan bulan.

3. Gerhana bulan penumbra

Gerhana jenis ketiga adalah gerhana bulan penumbra yang merupakan jenis gerhana yang terjadi ketika seluruh bagian dari bulan ada di bagian penumbra. Fenomena alam ini masih dapat terlihat, tetapi dengan tampilan warna yang suram atau gelap.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya