Sulbar National Criterium Race Ajang Pemicu Kebangkitan Sport Tourism

Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sulawesi Barat (Sulbar) akan melaksanakan ajang Sulbar National Criterium Race 2023

oleh Abdul Rajab Umar diperbarui 15 Mei 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2023, 07:00 WIB
ISSI Sulbar
Ajang balap sepeda Sulbar Nasional Criterium Race 2023 di Mamuju (Foto: Liputan6'.com/ISSI Sulbar)

Liputan6.com, Mamuju - Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sulawesi Barat (Sulbar) akan melaksanakan ajang Sulbar National Criterium Race 2023. Ajang ini dilaksanakan pada 14 Mei 2023 bertempat di Arteri Road Mamuju, Kabupaten Mamuju.

Sulbar National Criterium Race 2023 merupakan ajang balap sepeda pertama dan terbesar yang dilaksanakan di provinsi ke-33 itu. Ada pun peserta berasal dari berbagai daerah di Pulau Sulawesi dan Kalimantan.

Ketua ISSI Sulbar, Muhammad Idris mengatakan ajang ini menjadi komitmen untuk menggeliatkan sport tourism khususnya balap sepeda. Ajang ini juga menjadi komitmen ISSI Sulbar untuk mendorong ajang selanjutnya yang akan dilaksanakan tiap kabupaten di provinsi ke-33 itu.

"Kita mulai dari ISSI dulu karena harus jadi contoh. Kita akan canangkan berikutnya untuk Mamasa, tentu dengan tipe lombanya berbeda, misalnya downhill atau cross country dan segala macam yang sesuai dengan alamnya," kata Idris, Minggu (14/05/2023).

Idris menjelaskan, balap sepeda menjadi salah satu cabang olahraga terbaik untuk mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Seperti pada ajang SEA Games 2023, dimana kontingen balap sepeda Indonesia menjadi juara umum dengan perolehan 5 medali emas.

"Kalau kita dorong dengan sekuat tenaga berbagai level yang ada, Insya Allah sepeda itu akan menjadi lumbung emas bagi ajang-ajang yang akan diselenggarakan ke depannya," jelas Idris.

Khusus untuk Sulbar, Idris berharap Sulbar National Criterium Race 2023 akan menjadi ajang untuk menjaring atlet potensial. Utamanya atlet yang berusia remaja, yang masih duduk di bangku SMP dan SMA.

"Kalau sepeda ini, untuk usia di atas SMA itu masuk ketegori lanjut usia. Kita harus mencari bibit mulai dari SMP, paling tua itu SMA kelas satu, paling tidak semangatnya itu dulu yang kita bangun," harap Idris.

Sedangkan, Ketua Panitia Sulbar Nasional Criterium Race 2023 Adi Jumardin mengungkap, sebanyak 153 atlet balap sepeda mengikuti ajang ini. Pada ajang ini terdapat 14 nomor yang diperlombakan berdasarkan kelompok usia.

"Yang mendaftar itu 178 atlet, namun yang terkonfirmasi 153 atlet. Berasal dari berbagai daerah seperti Makassar, Palu, Kolaka bahkan ada dari Samarinda," kata Adi.

Nomor yang diperlombakan yakni, Men Elite (19 Up), Women Open (19 Up), Men Junior (U18), Women Junior (U18), Master A (30-36), Master B (37-44), Master C (45-Up), Folding Bike (30-Up), Pelajar SMA Putra, Pelajar SMA Putri, Pelajar SMP Putra, Pelajar SMP Putri, ASN Lokal Sulbar (25-49) dan ASN Lokal Sulbar (50 Up).

"Para peserta memperebutkan piala, medali dan hadiah jutaan rupiah," tutup Adi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya