Tips Percaya Diri Public Speaking dan Negosiasi

Public speaking, atau berbicara di depan umum, adalah keterampilan penting dalam dunia personal dan profesional.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Okt 2023, 17:16 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2023, 19:43 WIB
Teknik untuk Melatih Intonasi dalam Berbicara
Ilustrasi Public Speaking Credit: pexels.com/Sarah

Liputan6.com, Surabaya - - Public speaking, atau berbicara di depan umum, adalah keterampilan penting dalam dunia personal dan profesional. Meskipun begitu, banyak orang merasa cemas dan takut saat harus berbicara di depan orang banyak.

Oleh sebab itu Universitas Ciputra Surabaya yang bekerjasama dengan Yayasan Plan International Indonesia (YPII) menggelar webinar dengan tema 'Public Speaking & Negosiasi Bisnis (Elevator Pitch)' yang digelar pada 6 September 2023.

Salah seorang narasumber, Monika Teguh yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Ciputra Surabaya menyampaikan sebelum belajar mengenai teknik-teknik public speaking dan negosiasi, ada perlunya dipahami terlebih dahulu tentang dasar komunikasi.

"Supaya kita bisa berkomunikasi di depan orang banyak atau bernegosiasi dengan klien," jelas Monika.

Menurutnya dasar utama sebelum melangkah ke dunia public speaking dan negosiasi adalah komunikasi interpersonal. Belajarlah untuk berbicara kepada diri sendiri terlebih dahulu baru kemudian berbicara kepada orang lain.

"Yakinkan diri anda sendiri, bahwa anda mampu untuk melakukan bisnis ini," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Public Speaking

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan public speaking dan negosiasi:

1. Customer

Sebelum melakukan bernegosiasi atau public speaking, sangat penting bagi kita untuk dapat memahami calon customer atau audiens kita seperti apa. Cari tahu terlebih dahulu tentang apa kebutuhan, keinginan, atau kesukaan mereka, supaya Anda dapat menyesuaikan dengan apa yang akan kita sampaikan saat negosiasi ataupun public speaking.

2. Cost

Cost adalah ketika seseorang membandingkan tentang harga dibandingkan dengan nilai yang mereka dapatkan. Komunikasikan nilai dari produk anda, dan tunjukkan value nya kepada customer.

"Ada nilai produk yang tidak bisa 100 persen dibandingkan dengan harganya," jelas Monika.

3. Convenience

Convenience atau kenyamanan seseorang, ketika Anda bernegosiasi kita harus memikirkan kenyamanan dari lawan bicara kita. Pertama berikan mereka kemudahan. Gunakan bahasa yang mudah diterima dan dipahami oleh calon konsumen Anda.

Kedua, pengalaman saat berkomunikasi dengan konsumen juga tidak kalah penting. Tips nomor satu dalam memberikan pengalaman komunikasi yang baik adalah ramah.

Berikan keramahan yang baik dan sikap profesional kepada calon customer, karena ini akan menjadi kunci agar customer dapat membeli produk kita. Selain itu, jangan memaksa, karena hal tersebut dapat memberikan ketidaknyamanan kepada calon customer.

4. Communication

Di zaman ini, media sosial sudah merajalela. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk bernegosiasi dengan calon customer. Media massa dan media sosial dapat menjadi tempat yang tepat untuk berkomunikasi dengan calon customer.

Contohnya kita dapat mempromosikan produk kita di berbagai media sosial, seperti Instagram, Shopee, Tiktok, dan masih banyak lagi. "Siapkan diri anda untuk mengikuti perkembangan-perkembangan media yang ada saat ini," sebutnya.

Selain itu saat bernegosiasi atau public speaking, konsistensi itu sangat penting. Setiap kali Anda mau menawarkan sesuatu, olah terlebih dahulu informasinya dengan benar. Jangan bingung dengan produk Anda sendiri, setelah itu barulah bisa melakukan negosiasi dengan calon customer dengan baik.

Penulis: Jessica Nastasha, mahasiswi Universitas Ciputra Surabaya 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya