BBPOM Manado Apresiasi Pramuka Sulut Bentuk Rintisan Saka Pengawas Obat dan Makanan

BBPOM Manado memberikan apresiasi kepada Kwarda Pramuka Sulut yang berperan membantu membentuk rintisan Saka Pengawas Obat dan Makanan (POM) hampir di semua kabupaten dan kota di Provinsi Sulut.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 06 Nov 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2023, 22:00 WIB
BBPOM Manado.
BBPOM Manado.

Liputan6.com, Manado - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado, Sulut menggandeng Pramuka ikut serta berpartisipasi dalam pengawasan obat dan makanan di Provinsi Sulut.

"Mudah-mudahan pada awal Desember ini rintisan Satuan Karya atau Saka Pramuka akan diresmikan menjadi Saka Pengawas Obat dan Makanan," ujar Kepala BBPOM Manado Agus Yudi Prayudana dalam 'Sosialisasi Pangkalan Rintisan Saka Pramuka POM Sulut di Manado, Sabtu (4/11/2023).

Dia mengatakan, BBPOM Manado memberikan apresiasi kepada Kwarda Pramuka Sulut yang berperan membantu membentuk rintisan Saka Pengawas Obat dan Makanan (POM) hampir di semua kabupaten dan kota di Provinsi Sulut.

“Ada tiga prinsip pengawasan obat dan makanan, salah satunya adalah pengawasan secara mandiri oleh masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, BBPOM Manado terus berupaya mendekatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan obat dan makanan, salah satunya adalah dengan melibatkan Pramuka.

BBPOM Manado sudah sejak lama membangun koordinasi dengan Kwarda Pramuka Sulut, bersama-sama mewujudkan bentuk rintisan Saka untuk membantu BBPOM Manado melakukan pengawasan secara mandiri.

Sosialisasi tersebut diikuti Kwarda Pramuka Sulut, Kwarcab Pramuka Kota Bitung, Kwarcab Pramuka Kota Tomohon, Kwarcab Pramuka Kabupaten Minahasa, Kwarcab Pramuka Kabupaten Minahasa Utara.

Juga hadir Kwarcab Pramuka Kabupaten Minahasa Selatan, Kwarcab Pramuka Kabupaten Minahasa Tenggara, Kwarcab Pramuka Kabupaten Bolaang Mongondow, Kwarcab Pramuka Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kwarcab Pramuka Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Sebelum digelar sosialisasi telah dilakukan diskusi kelompok terarah antar Kwarcab Pramuka, kursus instruktur Saka POM, dan kursus pamong Saka POM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya