Waspada! 5 Daerah Pesisir Lampung Ini Berpotensi Banjir Rob, Mana Saja?

Lima daerah yang mendapat peringatan dini potensi banjir rob yaitu ; Pesisir Bandar Lampung, Pesisir Tanggamus, Pesisir Lampung Selatan, Pesisir Pesawaran, dan Pesisir Timur Lampung.

oleh Ardi Munthe diperbarui 27 Nov 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 27 Nov 2023, 08:00 WIB
Cuaca Ekstrem, Banjir Rob Landa Pelabuhan Muara Baru
Nelayan melintasi banjir rob saat cuaca ekstrem di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (28/12/2022). Banjir ROB, hujan deras dan cuaca buruk melanda kawasan Pelabuhan Muara Baru saat siang menjelang sore hari. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Lampung - Lima daerah pesisir di Provinsi Lampung berpotensi mengalami banjir rob. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat Meteorologi Maritim Lampung mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan siaga. 

Lima daerah yang mendapat peringatan dini potensi banjir rob yaitu Pesisir Bandar Lampung, Pesisir Tanggamus, Pesisir Lampung Selatan, Pesisir Pesawaran, dan Pesisir Timur Lampung.

BMKG Pusat Meteorologi Maritim Lampung memprediksi banjir rob terjadi pada 27 November hingga 1 Desember 2023 di wilayah pesisir dan pelabuhan.

Forecaster BMKG Maritim Lampung, Rantifa Eka Agustira mengatakan bahwa banjir rob terjadi akibat adanya pasang maksimum disertai dengan fase king tide (pasang tertinggi) dan fase bulan purnama (full moon) pada 26-28 November 2023.

"Pada 27 November 2023 berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan terhadap ketinggian pasang air laut maksimum," kata Rantifa Eka Agustira dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/11/2023). 

Rantifa menambahkan, fenomena full moon ini terjadi selama tiga hari ke depan dan berpengaruh pada ketinggian air laut. 

"Kalau hujan tidak berpengaruh langsung terhadap proses pasang surut, hanya saja memang bisa meningkatkan potensi banjir pesisir. Namun yang lebih menjadi faktor utama itu soal astronomi yang membuat fenomena bulan purnama. Secara historis bulan November dan Desember memang sering terjadi banjir pesisir," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Banjir Rob Mengganggu Aktivitas Masyarakat di Pesisir dan Pelabuhan

Rantifa juga menjelaskan dari peristiwa tersebut dapat mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar pesisir dan pelabuhan. 

"Tentu akan mengganggu aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta perikanan darat," jelas dia. 

Dia menyampaikan bahwa masyarakat harus waspada dan selalu siaga mengantisipasi banjir rob. 

"Masyarakat harus selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari Stasiun Meteorologi Maritim," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya