3 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Meningkatkan Mood dan Energi

Terapkan kebiasaan sehat ini, dan pada waktunya akan melihat suasana hati lebih baik dan tingkat energi meningkat

oleh Switzy Sabandar diperbarui 02 Jan 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2024, 09:00 WIB
Contoh ilustrasi mood yang terjaga dengan baik
Pound fit juga dapat membantumu menjaga mood. (Foto: Unsplash.com/Brooke Cagle)

Liputan6.com, Yogyakarta - Kehidupan sosial juga penting untuk menjaga mood dalam melakukan aktivitas harian. Hal itu biasanya sering dilupakan dan akhirnya membuat banyak masalah kesehatan.

Dikutip dari sejumlah sumber, ada tiga praktik sederhana, yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terapkan kebiasaan sehat ini, dan pada waktunya akan melihat suasana hati lebih baik dan tingkat energi meningkat:

1. Setel alarm, bukan hanya untuk bangun pada pagi hari

Menggunakan jam alarm tradisional daripada yang ada di ponsel adalah rahasia sederhana untuk mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Seseorang tidak akan mengangkat telepon dan terganggu. Karena ketika terbangun, yang dilakukan hanyalah memeriksa waktu.

Di sisi lain, alarm di perangkat seluler dapat membantu dalam dua situasi. Pertama untuk membatasi seberapa sering menggunakan ponsel. Rata-rata, kita menghabiskan empat jam sehari melihat ponsel, kemudian kita menyadari bahwa kita tidak punya cukup waktu untuk bertemu teman, beristirahat, atau mengurus keperluan. Alarm di ponsel juga dapat mengatur jadwal untuk diri sendiri.

Selain itu, alarm di ponsel juga bisa digunakan untuk memberikan peringatan waktunya jam tidur. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari berkontribusi pada peningkatan kualitas tidur, dan alarm akan membantu tetap pada jadwal yang konsisten daripada terganggu oleh tugas lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Produktif

2. Prioritaskan bertemu teman yang bisa membuat produktif

Kita semua mengenal orang-orang yang dapat meningkatkan suasana hati atau bahkan orang-orang yang banyak menyedot energi kita. Penting untuk dapat membedakan keduanya.

Lakukan upaya untuk menemukan momen menghabiskan waktu bersama orang-orang positif dalam hidup, meskipun itu hanya sekedar minum kopi, berjalan-jalan sebentar, atau menelepon.

Kamu tidak perlu menghabiskan waktu seharian penuh, meskipun hal ini ideal dan bagus jika waktu memungkinkan. Sebaliknya, temukan cara untuk berhubungan setiap hari, dan biarkan energi positif mereka meningkatkan energi.

Selain itu, bersikaplah realistis ketika menyangkut jadwal pribadi, dan memperingatkan agar tidak memaksakan diri secara berlebihan. Kita tahu bahwa jika baterai ponsel kita habis hingga 10 persen, kita harus mengisi ulang baterainya, tetapi ada juga yang sering memaksakan diri hingga batasnya.

Jangan memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang berlebihan. Pada awal hari, periksa agenda dan coret atau tunda tugas tergantung pada seberapa banyak energi yang Anda miliki.

Apa yang saya lakukan adalah memberi nomor pada tugas-tugas saya berdasarkan prioritasnya. Jika tidak sempat menyelesaikan tugas-tugas di bagian bawah daftar, pindahkan ke hari berikutnya tanpa drama atau rasa bersalah.

 


Latihan Pribadi

3. Ciptakan momen latihan pribadi

Misalnya banyak orang tidak suka dengan olahraga baik yang intensitas tinggi atau kecil, namun harus disadari kalau olahraga aktivitas fisik it baik dan penting, dan itu akan membuat banyak energi seharian.

Bercita-citalah untuk memiliki kehidupan yang lebih aktif dan terhubung dengan alam. Hal ini memungkinkan kita untuk terhubung kembali dengan diri kita yang sebenarnya, membantu kita menjadi lebih kreatif sekaligus meningkatkan kesejahteraan kita.

Karena sering kali sulit untuk memasukkan latihan yang panjang ke dalam jadwal kerja yang sibuk, Maka berusahalah secara teratur bangun dari kursi dan pergi ke luar untuk istirahat sejenak, atau setidaknya berjalan ke jendela, istirahat setiap 50 menit di lingkungan kantor. Jika memiliki kesempatan, pergilah ke taman terdekat untuk mengatur ulang energi dan merasa lebih baik.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya