Kapal Pengangkut Puluhan Kontainer Berisi Surat Suara Tiba di Riau

Sebanyak 20 kontainer pengangkut logistik pemilihan umum, berupa surat suara, tiba di Pelabuhan Indonesia Perawang, Kabupaten Siak, Riau, dengan pengawalan ketat personel Polda Riau.

oleh Syukur diperbarui 06 Jan 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2024, 19:00 WIB
Bongkar muat kapal pengangkut puluhan kontainer surat suara pemilihan umum di Pelindo Perawang, Kabupaten Siak.
Bongkar muat kapal pengangkut puluhan kontainer surat suara pemilihan umum di Pelindo Perawang, Kabupaten Siak. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Sebanyak 20 kontainer pengangkut logistik pemilihan umum (Pemilu) tiba di Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Perawang, Kabupaten Siak. Puluhan kontainer ini memuat surat suara untuk pemilihan presiden, legislatif dan perwakilan daerah.

Kontainer itu diangkut memakai MV Meratus Karimata. Kapal menempuh perjalanan beberapa hari dari Pelabuhan Tanjung Emas, Jawa Tengah, setelah keluar dari pabrik percetakan logistik Pemilu di Klaten.

Kedatangan kapal ini dikawal kapal taktikal Direktorat Polisi Air Polda Riau. Sejumlah personel bersenjata lengkap dikerahkan mengamankan jalannya kapal begitu masuk perairan Sungai Siak.

Begitu merapat di pelabuhan, kapal disambut ratusan personel Brimob Polda Riau bersenjata lengkap. Penurunan kontainer dilakukan menggunakan derek jangkung ke truk.

Kepala Biro Operasi Polda Riau Komisaris Besar Ronny Lumban Gaol menjelaskan, kedatangan logistik Pemilu ini baru tahap pertama. Dalam beberapa hari ke depan akan ada susulan kapal lain yang mengangkut 19 kontainer berisi benda serupa.

"Nanti kami komunikasikan ke Pelindo tahap keduanya, berapa hari perjalanannya," katanya.

Logistik Pemilu yang tiba akan dilakukan sortir. Berikutnya langsung didistribusikan ke sejumlah komisi pemilihan umum (KPU) di berbagai kabupaten di Riau.

"Ini tidak hanya satu tujuan, sebelum itu akan dilepas oleh KPU Riau," jelas Ronny, Jumat siang, 5 Januari 2024.

 

Simak Video Pilihan Ini:


Dikawal ke Daerah

Ronny menjelaskan, Polda Riau menyiagakan 150 personel Brimob di pelabuhan menyambut kedatangan kapal kontainer, ditambah TNI serta satuan lainnya. Polisi memastikan tidak ada gangguan selama kedatangan ataupun distribusi ke daerah.

"Untuk pengiriman nanti dikawal lagi oleh personel Polres tujuan," ucap Ronny.

Ronny mengatakan, kedatangan logistik tahap kedua nanti juga bakal dikawal ratusan personel. Begitu juga dengan distribusi ke KPU kabupaten agar tidak ada kendala hingga pencoblosan pada 14 Februari nanti.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya