Banjir Bikin Harimau di Indragiri Hulu Keluar dari Sarangnya

Curah hujan tinggi dan bencana banjir di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, membuat harimau sumatra keluar dari sarangnya lalu masuk ke perkebunan tak jauh dari pemukiman warga.

oleh M Syukur diperbarui 05 Jan 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2024, 07:00 WIB
Harimau sumatra yang pernah dilepasliarkan oleh BBKSDA Riau karena konflik dengan manusia.
Harimau sumatra yang pernah dilepasliarkan oleh BBKSDA Riau karena konflik dengan manusia. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Curah hujan tinggi dan bencana banjir di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, membuat harimau sumatra keluar dari sarangnya. Harimau itu dikabarkan menunjukkan belangnya bersama anaknya yang masih kecil.

Harimau sumatra dikabarkan muncul di areal perkebunan Kecamatan Batang Cenaku. Warga yang melihat serta mendapat kabar kemunculan harimau mulai ketakutan untuk beraktivitas di luar.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Genman Suhefti Hasibuan dikonfirmasi membenarkan laporan tersebut. Dia menyebut Indragiri Hulu merupakan daerah yang menjadi habitat harimau.

Genman menduga harimau keluar sarang karena bencana banjir dan intensitas hujan tinggi. Harimau diduga mencari tempat lain yang jauh dari jangkauan bencana banjir.

"Harimau ini muncul disebabkan oleh cuaca hujan dan banjir," kata Genman, Kamis siang, 4 Januari 2024.

BBKSDA Riau menghimbau warga agar tidak sendirian beraktivitas di kebun ataupun pergi ke kawasan hutan. Warga diminta segera menghindar kalau menemukan tanda-tanda kemunculan harimau.

"Warga diminta waspada, berhati-hati dalam beraktivitas di daerah yang dikabarkan harimau muncul," imbuh Genman.

Sementara itu, Kepala Bidang Teknis BBKSDA Riau Ujang Holisuddin mengatakan, kemunculan harimau ini sudah dikoordinasikan dengan petugas di Resort Kerumutan.

"Sudah dikoordinasikan dengan petugas, nanti saya kabari soal penanganan lanjutnya," kata Ujang.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warga Ketakutan

Sebelumnya, seorang warga sempat merekam kemunculan harimau itu. Warga tak diketahui namanya itu mengambil rekaman dari dalam mobil saat melintas di areal perkebunan.

Rekaman kemunculan ini sudah beredar luar di media sosial. Sang perekam meminta masyarakat sekitar agar waspada saat keluar rumah untuk pergi ke kebun.

Sementara itu, warga bernama Syamsurizal membenarkan penampakan harimau di daerah tersebut. Dia menyebut harimau muncul tak jauh dari tempatnya tinggal.

"Benar, ada harimau muncul di daerah kami," katanya.

Dia menjelaskan, harimau terlihat di pinggir jalan menuju perkebunan warga di wilayah Sungai Siabu. Jarak lokasi itu dengan pemukiman warga sekitar 3 kilometer.

"Ya pastinya ketakutan, apalagi ukuran harimaunya yang sudah tergolong dewasa," jelas Syamsurizal.

Tidak hanya di Kecamatan Batang Cenaku, hal yang sama juga dilihat warga Kecamatan Kelayang. Diduga, individu yang muncul masih harimau yang sama.

"Iya, beberapa hari lalu ada warga melihat seekor harimau di areal perkebunan kelapa sawit milik warga," sebut Usman, warga Kecamatan Kelayang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya