6 Rekomendasi Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat

Menikmati pemandian air panas tidak hanya memberikan sensasi santai tetapi juga memiliki sejumlah manfaat baik untuk tubuh. Berikut ini adalah rekomenasi tempat pemandian air panas yang ada di Jawa Barat.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 18 Feb 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 18 Feb 2024, 11:00 WIB
Pemandian Air Panas Ciwalini
Pemandian Air Panas Ciwalini (sumber: intagram.com/erisurtiningsih)

Liputan6.com, Bandung - Jawa Barat dikenal sebagai daerah dengan pemandangan alam indah dan mempunyai suhu udara yang asri. Selain itu juga memiliki sejumlah destinasi wisata menarik salah satunya pemandian air panas.

Destinasi wisata ke pemandian air panas di Bandung juga tidak kalah banyak dan masih menjadi tempat favorit bagi sebagian orang. Bahkan sejumlah pemandian air panas dikelilingi oleh pemandangan alam yang asri dengan udara yang sejuk.

Pemandian air panas juga menawarkan sensasi santai untuk pengunjung yang juga dapat menyegarkan tubuh. Pemandian ini juga memberikan manfaat kesehatan seperti mengurangi ketegangan otot atau mengurangi stres.

Melansir dari neorheumacyl terdapat sejumlah manfaat baik untuk tubuh jika berendam di pemandian air panas. Salah satunya memperlancar sirkulasi darah ke otot-otot yang tegang sehingga membantu mengurangi kekakuan dan nyeri.

Kemudian suhu hangat dari air panas juga bisa membantu tubuh untuk meningkatkan fleksibilitas otot dan membantu memulihkan otot yang terluka. Berendam di air panas juga memiliki efek analgesik atau mampu mengurangi rasa nyeri.

Pasalnya suhu panas bisa merangsang pelepasan endorfin sebuah senyawa kimia alami dalam tubuh yang bertindak untuk penghilang rasa sakit alami. Sehingga ketika berendam rasa sakit bisa mereda dan memberikan sensasi yang nyaman.

Seseorang yang berendam di air panas juga bisa membantu untuk menenangkan pikiran karena pengalaman relaksasi dan ketenangan di pemandian air panas membantu tubuh merasa nyaman sehingga memberikan efek psikologis yang positif.

Sementara itu melalui beberapa sumber berikut ini adalah sejumlah rekomendasi tempat wisata pemandian air panas yang ada di Jawa Barat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


6 Rekomendasi Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat

Wisata air panas Ciater
Wisata air panas Ciater (sumber: IndonesiaKaya)

1. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater merupakan salah satu tempat kolam pemandian yang sangat populer di antara wisatawan lokal dan mancanegara. Pasalnya pemandian ini tidak hanya menyediakan kolam air panas alami tetap juga sejumlah fasilitas rekreasi menarik lainnya.

Tempat ini memiliki fasilitas dan rekreasi mulai dari outbound, trekking, kolam pancing, restoran, spa, memanah, dan masih banyak lagi. Lokasi Pemandian Air Panas Ciater ada di Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Pemandian Air Panas Ciater buka setiap hari pada pukul 06.00 hingga 22.00 dan pada hari Sabtu buka selama 24 jam. Harga tiketnya bisa berbeda-beda tergantung jenis kolam yang ingin dikunjungi.

2. Pemandian Air Panas Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas merupakan kolam berendam air panas yang ada di dataran tinggi dengan pemandangan gunung serta pepohonan asri. Tempat ini tidak hanya menyajikan kolam berendam tetapi juga kolam untuk bermain air.

Selain itu terdapat kolam mini yang dilengkapi dengan perosotan dan ember tumpah yang bisa dinikmati bersama keluarga. Lokasi pemandian air panas ini ada di Jl. Raya Ciwidey Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat dan buka setiap hari pada pukul 07.00 hingga 16.00.


Rekomendasi Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat

Ciwidey Valley Resort
Ciwidey Valley Resort, Sumber: ciwideyvalley.com

3. Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort merupakan tempat pemandian air panas yang lokasinya dekat dengan sejumlah wisata alam populer di Ciwidey. Tempat ini menyajikan kolam pemandian air panas yang menarik dan wahana lainnya.

Diketahui terdapat sejumlah fasilitas menarik mulai dari penginapan, arung jeram, ATV, paintball, outbound, dan wahana seru lainnya. Lokasi Ciwidey Valley Resort ada di Jl. Barutunggul No.KM. 17, Alamendah, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tempat ini buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 17.00 untuk wisatawan umum dan untuk tamu hotel buka selama 24 jam.

4. Pemandian Air Panas Ciwalini

Tempat pemandian air panas ini merupakan tempat yang memiliki sejumlah kolam menarik dengan pemandangan alam yang asri. Selain itu terdapat fasilitas seru lainnya mulai dari flying fox hingga sewa ATV.

Lokasi Pemandian Air Panas Ciwalini ada di Jl. Raya Ciwidey, Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Buka setiap hari pada pukul 07.00 hingga 16.00 dan di hari Jumat tempat ini tutup.


Rekomendasi Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat

Kawasan wisata Puncak Darajat yang berada di atas puncak ketinggai 1.800 MDPL
Kawasan wisata Puncak Darajat yang berada di atas puncak ketinggai 1.800 MDPL (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

5. Pemandian Air Panas Puncak Darajat

Pemandian Air Panas Puncak Darajat merupakan tempat pemandian air panas yang berlokasi di Garut. Tempat ini menyediakan kolam air panas yang tenang dengan pemandangan alam menakjubkan.

Selain itu tempat ini memiliki fasilitas rekreasi menarik lainnya seperti waterboom, fasilitas anak, serta penginapan. Lokasinya ada di Jl. Raya Darajat Jl. Pasirwangi, Padaawas, Kec. Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat dan buka setiap hari selama 24 jam.

6. Sabda Alam Water Park

Sabda Alam Water Park merupakan tempat pemandian air panas yang memiliki suasana asri cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Selain ada kolam berendam tempat ini juga menyajikan konsep waterpark yang disukai oleh anak-anak.

Lokasinya sendiri ada di Jl. Raya Cipanas, Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sabda Alam Water Park juga dijadwalkan buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 16.00.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya