Mengenal Pantai Puncak Guha, Jadi Destinasi Menikmati Sunset Indah di Garut

Pantai Puncak Guha dikenal sebagai salah satu pantai cantik yang ada di Garut. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan sunset atau berkemah di tepi pantainya.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 19 Apr 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2024, 17:00 WIB
[Bintang] Garut
Pantai Puncak Guha, Garut. (garutselatan20.blogspot.com)

Liputan6.com, Bandung - Pantai sering dianggap sebagai salah satu destinasi yang sempurna untuk melepaskan rasa penat dan menjauhkan diri dari ramainya perkotaan. Pantai juga identik dengan keindahan alamnya yang memesona.

Ketika momen berlibur atau akhir pekan banyak orang yang menjadikan pantai sebagai destinasi mereka melepaskan penat. Biasanya tempat tersebut jadi destinasi tujuan healing sendiri, bersama keluarga, atau teman.

Pasirnya yang identik dengan kelembutan dan panorama pantainya yang memiliki air laut jernih menjadikan pantai sebagai spot sempurna menikmati alam. Kemudian suara deburan ombak juga menjadi penenang alami setelah ramai mendengar bisingnya kota.

Selain suara ombak, berlibur ke pantai juga menjadi destinasi yang cocok untuk menikmati angin sejuk. Bahkan, bisa jadi tempat mengisi energi dengan duduk bersantai atau berjemur di tepi pantai.

Bagi para pecinta petualangan berlibur ke pantai juga masih jadi favorit terutama untuk menikmati wisata air yang ada di pantai tersebut. Pasalnya beberapa pantai kerap memberikan fasilitas permainan air untuk bersenang-senang.

Kemudian para pengunjung juga bisa menikmati waktu berlibur mereka dengan menjelajahi alam sekitar. Serta berinteraksi dengan masyarakat lokal baik untuk mengenal lebih jauh tentang pantai tersebut atau mencari spot menarik lainnya di sekitar pantai.

Adapun dalam artikel ini terdapat satu destinasi pantai yang wajib untuk dikunjungi di daerah Garut. Pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Puncak Guha dan populer sebagai spot berkemah hingga menikmati pemandangan sunset dan sunrise dari ketinggian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lokasi Pantai Puncak Guha

Hamparan laut yang luas memberikan sensasi berbeda saat anda menikmati wisata di kawasan wisata Puncak Guha, Garut, Jawa Barat.
Hamparan laut yang luas memberikan sensasi berbeda saat anda menikmati wisata di kawasan wisata Puncak Guha, Garut, Jawa Barat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Melansir dari beberapa sumber Pantai Puncak Guha berlokasi di Sinarjaya, Kec. Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa barat. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

Berdasarkan ulasan dari Google pantai ini bahkan meraih rating 4.5 dari total 2.572 pengguna. Beberapa pengguna menilai lokasi pantainya memiliki pesona alam yang indah dan menakjubkan.

Melansir dari unggahan Instagram Disparbud Garut Pantai Puncak Guha berada di atas sebuah gua di tepian tebing dan menjorok ke arah laut. Puncak Guha memiliki spot cantik yang akan disukai oleh para pecinta alam.

Diketahui wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Puncak Guha dari pusat kota Garut bisa menempuh perjalanan sekitar 94 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Kemudian wisatawan yang pergi dari daerah Ciwidey akan menempuh jarak sekitar 97 km.


Daya Tarik Pantai Puncak Guha

Berada di atas ketinggian, merupakan salah satu keunggulan berwisata di kawasan wisata Puncak Guha, Garut, Jawa Barat.
Berada di atas ketinggian, merupakan salah satu keunggulan berwisata di kawasan wisata Puncak Guha, Garut, Jawa Barat.(Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Seperti dijelaskan dalam media sosial Pesona Garut pantai ini memiliki daya tarik pada pemandangan alamnya yang mempesona. Pasalnya Pantai Puncak Guha memiliki bukit hijau yang ada di atas gua yang mengarah langsung ke lautan.

Keunikan Pantai Puncak Guha ada pada pepohonan dan hamparan rumput di sekitar bukit dan letaknya yang menjorok ke tepian laut lepas. Bahkan panta ini masih terjaga keasriannya dan pengunjung diminta untuk selalu menjaga keasrian tersebut.

Pantai Puncak Guha dinilai cocok sebagai destinasi wisata untuk bersantai dan menikmati pemandangan laut dari ketinggian. Bahkan wisatawan bisa duduk santai di sebuah gazebo yang tersedia di tempat tersebut.

Selain gazebo, tempat ini juga terdapat area hammock untuk bersantai sambil tiduran di atasnya. Sementara untuk memanjakan perut, tempat ini telah dilengkapi dengan beberapa warung yang menyediakan menu makanan terutama makanan khas Sunda.


Jadi Spot Sunset dan Sunrise

Ilustrasi senja, sunset, matahari terbenam
Ilustrasi senja, sunset, matahari terbenam. (Image by wirestock on Freepik)

Memiliki panorama alam yang mempesona menjadikan Pantai Puncak Guha populer sebagai spot menikmati panorama sunset atau sunrise. Pengunjung yang ingin menikmati suasana tersebut harus mengunjungi pantainya sebelum waktu sunset dan sunrise.

Menanti panorama tersebut akan langsung terbayarkan dengan keindahan langitnya yang berubah secara perlahan. Diketahui pengunjung juga bisa menginap di Pantai Puncak Guha dengan mendirikan tenda di area kemah.

Area berkemah tersebut menghadap langsung ke pemandangan laut Samudra Hindia dan para pengunjung akan menikmati suara deburan ombak yang menabrak karang. Wisatawan yang berkemah juga bisa menghabiskan waktu dengan mendirikan api unggun.

Kemudian melakukan kegiatan menarik lainnya seperti masak barbekyu atau makanan lain di alam bebas. Tentunya pengunjung harus selalu menjaga kebersihan dan keasrian lokasinya agar tetap jadi area pantai yang memesona.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya