Upacara HUT ke-78 Bhayangkara, Kodam XIV Hasanuddin 'Demo' di Mapolda Sulsel

Kodam XIV Hasanuddin menyiapkan surprise saat perayaan Hari Bhayangkara di Mapolda Sulsel

oleh Fauzan diperbarui 01 Jul 2024, 10:52 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2024, 10:36 WIB
Personel 'Urip6' Kodam Hasanuddin memberi surprise di Mapolda Sulsel (Liputan6.com/Fauzan)
Personel 'Urip6' Kodam Hasanuddin memberi surprise di Mapolda Sulsel (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Jakarta Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara di Markas Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) berlangsung berbeda tahun ini. Bagaimana tidak, di tengah pelaksanaan upacara, puluhan pendemo menggeruduk dan menerobos masuk ke Mapolda Sulsel pada Senin (1/7/2024). 

Puluhan pendemo itu mengendarai sepeda motor dan truk kontainer yang dilengkapi dengan pengeras suara. Sepanjang jalan hingga di depan Mapolda Sulsel, para pendemo meneriakkan sejumlah tuntutan mereka. 

Aksi demo ini pun sempat membuat Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi kaget. Tak hanya itu, sejumlah pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sulsel yang hadir dalam upacara HUT ke-78 Bhayangkara juga turut terlihat heran.

Melihat para pendemo berhasil menerobos masuk ke dalam Markas Polda Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi pun langsung beranjak dari tempat duduknya dan menemui para pendemo. 

Usut punya usut para pendemo itu ternyata merupakan anggota Detasemen Intelijen Kodam XIV Hasanuddin yang menyamar menjadi mahasiswa dan melakukan demontrasi. Aksi itu menjadi kejutan yang disiapkan oleh Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun. 

Suasana yang sebelumnya sempat tegang tiba-tiba mencair setelah para demonstran menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Irjen Pol Andi Rian R Djajadi pun langsung terlihat lega setelah Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun mendatangi dan memeluknya. 

Tak lama setelah itu, sebuah panser Anoa menyusul masuk ke dalam area markas Polda Sulsel dan membawakan nasi tumpeng serta kue ulang tahun untuk merayakan HUT ke-78 Bhayangkara. Nasi tumpeng dan kue ulang tahun itu disiapkan khusus oleh pihak Lantamal VI dan Koopsud II. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kapolda Kaget Didemo saat Perayaan HUT Bhayangkara

Personel 'Urip6' Kodam XIV Hasanuddin foto bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi (Liputan6.com/Fauzan)
Personel 'Urip6' Kodam XIV Hasanuddin foto bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi (Liputan6.com/Fauzan)

Kepada Wartawan, Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi mengatakan sama sekali tak mengetahui rencana surprise tersebut. Ia juga mengaku kaget Polda Sulsel didemo saat perayaan Hari Bhayangkara. 

"Saya juga pikir tadinya, ada apa itu? Kok tiba-tiba ada unjuk rasa. Saya tidak menyangka itu merupakan kejutan dan surprise yang dipersiapkan oleh teman-teman TNI dalam rangka Hari Bhayangkara yang ke-78," aku Andi Rian. 

Menurut dia sinergitas antara TNI dan Polri harus terus dibangun dan dijaga. Ia pun mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk pihak TNI yang telah menyiapkan surprise yang luar biasa tersebut. 

"Saya tidak menyangka itu merupakan kejutan dan surprise yang dipersiapkan oleh teman-teman TNI dalam rangka Hari Bhayangkara yang ke-78," ucapnya. 

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya