Mengintip Aquarium Pangandaran, Wisata Edukasi Cocok untuk Libur Sekolah

Berwisata ke aquarium besar bisa menjadi pilihan terbaik saat berlibur bersama anak. Pasalnya, tempat wisata ini tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga rekreasi yang menghibur.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 06 Jul 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 15:00 WIB
6 Tempat Wisata Seru di Pangandaran yang Bisa Jadi Lokasi Liburan Long Weekend
Aquarium Indonesia Pangandaran. (dok. website Aquarium Indonesia Pangandaran/https://aquariumindonesia.com/about-us/Rusmia Nely)

Liputan6.com, Bandung - Aquarium atau akuarium merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang populer dikunjungi oleh banyak orang. Tempat wisata ini menjadi destinasi untuk melihat hewan dan segala kehidupan yang ada di dalam air.

Di beberapa negara bahkan mempunyai akuarium besar yang populer menjadi tempat wisata menarik sama seperti kebun binatang. Mengajak anak-anak berlibur ke akuarium tentu menjadi pilihan yang baik.

Pasalnya orang tua bisa memperkenalkan hewan dan dunia bawah air kepada anak-anak. Sehingga anak-anak tidak hanya terhibur tetapi juga mendapatkan wawasan baru yang tidak terlupakan.

Melansir dari beberapa sumber mengajak anak berlibur ke akuarium besar menyimpan banyak manfaat baik secara pendidikan dan perkembangan. Akuarium menjadi tempat yang baik untuk belajar tentang kehidupan laut dan ekosistem air.

Kemudian juga anak-anak bisa melihat secara langsung berbagai jenis ikan, invertebrata, dan tanaman air yang mungkin belum pernah mereka lihat sebelumnya. Berlibur ke akuarium juga membuka wawasan anak untuk mengetahui perilaku hewan dan siklus hidupnya.

Pada sejumlah akuarium modern sering kali terdapat pengalaman interaktif menyenangkan untuk anak-anak berinteraksi langsung dengan hewan laut. Seperti misalnya menyentuh bintang laut atau hewan lain di bawah pengawasan petugas akuarium.

Saat ini, di Indonesia ada banyak destinasi wisata akuarium besar yang bisa dikunjungi dan dinikmati. Salah satunya Aquarium Indonesia Pangandaran yang bisa dikunjungi setelah berlibur dari pantai.


Mengenal Aquarium Indonesia Pangandaran

Ilustrasi aquarium.
Ilustrasi aquarium. (iStockphoto)

Melansir dari situs resminya, Aquarium Indonesia Pangandaran merupakan tempat yang menyajikan berbagai jenis ikan laut, terumbu karang, dan hewan laut lainnya terutama yang berasal dari perairan Indonesia.

Tempat wisata ini juga berlokasi tidak jauh dari kawasan terpadu kemaritiman di Pangandaran lainnya. Seperti Pusat Pendaratan Ikan Cikidang, hamparan ombak besar Pangandaran yang mempesona, hingga ekosistem mangrove yang ada di sekitar areanya.

Diketahui Aquarium Indonesia Pangandaran pertama kali dibuka pada 17 Desember 2022 lalu. Kemudian menawarkan berbagai pengalaman berwisata yang menyenangkan untuk melihat akuarium tematik dan lain-lain.

Wisatawan juga bisa belajar tentang sejarah kekayaan nusantara di museum serta menyentuh secara langsung biota laut yang ada di tempat tersebut.


Lokasi dan Rute ke Aquarium Indonesia Pangandaran

Ilustrasi diri sendiri, merenung, berpikir, sisi gelap
Ilustrasi diri sendiri, merenung, berpikir, sisi gelap. (Photo by Khoa Võ: https://www.pexels.com/photo/ethnic-woman-looking-at-fish-in-aquarium-4958618/)

Aquarium Indonesia Pangandaran berlokasi di kawasan yang tidak jauh dari pantai Pangandaran dan wisata lainnya. Tempatnya berada di Komplek PPI Cikidang, Desa Babakan, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Diketahui tempat wisata ini mempunyai waktu buka setiap hari dari jam 09.00 hingga 16.00 WIB. Para wisatawan bias mendatangi tempatnya menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Bagi wisatawan yang datang menggunakan kereta api bisa berhenti di Stasiun Sidareja atau Stasiun Banjar. Jika turun di Stasiun Sidareja bisa melakukan perjalanan darat dengan menempuh jarak 38,5 km atau 1 jam 3 menit perjalanan.

Sementara untuk wisatawan yang turun di Stasiun Banjar bisa menempuh perjalanan sekitar 62 km atau 1 jam 38 menit perjalanan darat.


Harga Tiket dan Daya Tarik Aquarium Indonesia Pangandaran

FOTO: Ngabuburit Sambil Mengenal Biota Laut di JAQS
Pengunjung mengamati koleksi biota laut di Jakarta Aquarium & Safari (JAQS), Neo Soho Mall, Jakarta, Rabu (21/4/2021). JAQS sekaligus mengedukasi anak-anak tentang ekosistem biota laut dan air tawar. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Melansir dari situs resminya harga tiket masuk ke tempat wisata ini cukup terjangkau sekitar Rp50.000 per orang. Bagi anak yang memiliki tinggi badan lebih dari 80 cm dikenakan tarif normal.

Aquarium Indonesia Pangandaran juga telah dilengkapi oleh fasilitas yang menarik tentunya terdapat fasilitas umum seperti akuarium, penitipan barang, musala, area parkir, dan akses Wi-Fi gratis.

Selain fasilitas yang lengkap tempat ini juga menyediakan pengalaman menarik seperti aquarium tematik, aquarium silinder “Schooling fish”, aquarium utama “jendela aquaman”, aquarium cekung, dan berbagai jenis aquarium lainnya.

Kemudian para pengunjung juga dapat melihat museum yang menyimpan banyak pengetahuan untuk diketahui oleh anak-anak dan para pengunjung. Di Aquarium Indonesia Pangandaran, juga terdapat feeding show yang dibuka pada pukul 10.00 hingga 15.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya