Polresta Deli Serdang Gulung Jaringan Narkoba Internasional, 27 Kg Sabu Dimusnahkan

Peredaraan narkoba jaringan internasional dibongkar pihak kepolisian dari Sat Narkoba Polresta Deli Serdang. Tak tanggung-tanggung, pengungkapan ini senilai belasan miliar rupiah.

oleh Reza Efendi diperbarui 18 Jul 2024, 00:18 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 00:18 WIB
Pemusnahan narkoba
Pemusnahan barang bukti narkoba

Liputan6.com, Deli Serdang Peredaraan narkoba jaringan internasional dibongkar pihak kepolisian dari Sat Narkoba Polresta Deli Serdang. Tak tanggung-tanggung, pengungkapan ini senilai belasan miliar rupiah.

Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Raphael Sandy Cahya Priambodo mengatakan, pihaknya menyita sabu-sabu seberat 27 Kilogram (Kg) dari 4 pelaku berstatus sebagai kurir.

"Bila barang haram ini diuangkan, nilainya mencapai Rp 13,9 miliar," kata Raphael di Mapolresta Deli Serdang, Rabu (17/7/2024).

Diterangkannya, sabu seberat 27 Kg tersebut hasil pengungkapan 3 kasus. Rinciannya, 24 Kg dari pengungkapan di Perairan Asahan, 3 Kg pengungkapan di Bandara Kualanamu, dan 12 Kg ganja kering pengungkapan di Percut Sei Tuan.

"Untuk pengungkapan di Perairan Asahan, pelaku berinisial KM. Pelaku dijanjikan upah 20 juta rupiah agar barang haram tersebut sampai ke tanjung balai," Raphael menerangkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penangkapan di Bandara Kualanamu

Pemusnahan narkoba
Pemusnahan barang bukti dilakukan cara pembakaran menggunakan alat incenerator

Diungkapkan Raphael, dari penangkapan di Bandara Kualanamu, petugas meringkus 2 pelaku, yaitu TWR dan Z, dengan barang bukti yang disita berat kotor 3 Kg sabu, dan akan dikirim ke Kota Makassar.

Selain mengungkap narkoba jenis sabu, Sat Narkoba Polresta Deli Serdang juga menggagalkan peredaran ganja kering seberat 11 Kg dan pil ekstasi 0,22 gram di Kecamatan Percut Sei Tuan.

Imbas pengungkapan keseluruhan itu, ratusan ribu jiwa terselamatkan dari penyalagunaan narkoba.

"Total yang berhasil diselamatkan 108,272 jiwa. Tim masih melakukan pengembangan terhadap pelaku lain yang berkaitan dengan jaringan narkoba," ucapnya.


Barang Bukti Dimusnahkan

Kasus narkoba
Para tersangka kasus narkoba

Kasat Narkoba Polresta Deli Serdang, Kompol Sebastian RS Saragih menjelaskan, seluruh barang bukti narkoba tersebut dimusnahkan.

Pemusnahan barang bukti dilakukan cara pembakaran menggunakan alat incenerator milik Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Deli Sedang.

Pemusnahan sebagai bukti bahwa narkoba adalah musuh bersama, dan Polresta Deli Serdang serius untuk melakukan pengungkapan.

“Semua dimusnahkan,” Sebastian menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya