Prototipe Mobil Dengan Reaksi Kimia Karya Mahasiswa

Mahasiswa Program Studi Teknologi dan Rekayasa Kimia Industri (TRKI) Sekolah Vokasi Undip tengah mengembangkan mobil yang memanfaatkan reaksi kimia sebagai penggerak untuk berkompetisi di level dunia.

oleh Edhie Prayitno Ige diperbarui 23 Agu 2024, 18:20 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2024, 18:20 WIB
Sekolah Vokasi Undip
Tim IO SV Undip: Maya Qisthina Gaissani, Vierina Putri Anindya, Maura Nur Aulia, Arnetha Putri Ariyani, dan Afif Zanuar Ardiansyah. Foto: dokpri

Liputan6.com, Semarang - Menghadapi Indonesia Chemical Reaction Car Development Challenge (ICHEDECE) 2024, Program Studi (Prodi) Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI) Sekolah Vokasi Undip Semarang, berkomitmen mengembangkan inovasi di bidang teknik kimia dengan mempersiapkan tim unggul.

Kompetisi bergengsi internasional ini menantang para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi internasional untuk merancang dan membangun prototipe mobil berbahan bakar reaksi kimia yang mampu bergerak secara efisien dan tepat guna.

Dua timm TRKI SV Undip telah diumumkan menjadi finalis. Masing-masing Tim IO dengan anggota Maya Qisthina Gaissani (ketua tim), Vierina Putri Anindya, Maura Nur Aulia, Arnetha Putri Ariyani, dan Afif Zanuar Ardiansyah.

Satunya lagi Tim Ramayana yang beranggotakan Akhmad Surya Adi Maulana (ketua), Maeza Dhenta Purniawan, Muhammad Zidan Fadilah, Muhammad Dio Pratama, dan Devano Gothicardo.

Mereka didukung penuh para dosen yang berpengalaman dan berhasil mengembangkan prototipe mobil mahasiswa yang digerakkan oleh tekanan piston maupun sel elektrokimia yang dihasilkan dari reaksi kimia khusus. Prototipe ini dirancang untuk dapat menempuh jarak yang ditentukan dengan kecepatan optimal dan berhenti tepat di garis finish, sesuai dengan tantangan utama dalam lomba tersebut.

"Persiapan tim kami tidak hanya berfokus pada aspek teknis, tetapi juga pada pemahaman mendalam terhadap prinsip-prinsip kimia yang mendasari proses kerja mobil ini. Kami berharap melalui kompetisi ini, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan yang aplikatif serta mengasah kreativitas mereka dalam memecahkan masalah-masalah nyata di industri," kata Abdullah Malik Islam Filardli, ST MT, dosen pembimbing tim TRKI SV Undip.

Partisipasi dalam ICHEDECE juga merupakan output dari mata kuliah Kimia Fisika dan Matematika Terapan yang telah mereka tempuh pada studinya. Ini adalah upaya menciptakan relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri. Keterlibatan mahasiswa dalam kompetisi ini diharapkan mampu memberikan pengalaman praktis yang berharga serta memperkuat daya saing lulusan di dunia kerja.

ICHEDECE akan berlangsung bulan Oktober 2024. Abdullah Malik mengaku optimis dengan bekal semangat tinggi dan persiapan yang matang.

"Ini juga menjadi bentuk komitmen para civitas akademika TRKI untuk terus meningkatkan prestasi dan terus bersaing di tingkat internasional," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya